Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » DPRD Jawa Timur 'Dekati' Tokoh Bawean Ajak Dirikan Provinsi Madura

DPRD Jawa Timur 'Dekati' Tokoh Bawean Ajak Dirikan Provinsi Madura

Posted by Media Bawean on Senin, 08 Februari 2016


Sejumlah anggota DPRD Jawa Timur, mengaku tengah melakukan proses lobi terhadap sejumlah tokoh yang ada di Pulau Bawean. Proses lobi itu ditujukan untuk mendukung rencana berdirinya Provinsi Madura.

Anggota DPRD Jatim dari dapil Madura, Abdul Halim mengatakan, dalam lobi itu mereka meminta agar Bawean mau berubah statusnya menjadi sebuah kota. Alasannya, apabila Bawean telah berubah menjadi kota, maka jumlah kota yang ada di Provinsi Madura nantinya akan menjadi lebih banyak.

“Sebenarnya Bawean sudah memenuhi untuk menjadi sebuah kota, karena di sana sudah ada dua kecamatan,”kata Halim di Surabaya, Senin (8/2/2016).

Alasan lainnya ingin memasukkan Bawean menjadi bagian Provinsi Madura, karena masyarakat di Bawean memiliki kedekatan budaya dengan masyarakat Madura.

“Sebenarnya orang Bawean itu kalau kita lihat ada Madura, dan juga Bugis, tapi mereka tidak mau disebut Madura, ataupun Bugis, maunya ya Bawean,”tutur Halim.

Sayang, mengenai hasil dari proses lobi itu, Halim masih belum memberikan jawaban yang jelas. Meski demikian, dia mengakui jika hal itu tidak akan mudah. Sebab, persoalan itu juga harus dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pihak terkait seperti Pemkab Gresik.

“Karena selama ini Bawean memang masuk ke dalam wilayah dari Pemkab Gresik,”terang Halim.

Sebelumnya, wacana untuk mendirikan Provinsi Madura mengemuka pada tahun 2015 lalu. Bahkan, saat itu sejumlah tokoh asal Madura sudah sempat mendeklarasikan berdirinya provinsi tersebut. Namun, hingga saat ini persoalan itu masih menjadi polemik, dan sempat diajukan ke DPR RI. (*)

Sumber : Times Indonesia

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean