Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pembebasan Lahan Lapter Bawean, Tunggu Kajian

Pembebasan Lahan Lapter Bawean, Tunggu Kajian

Posted by Media Bawean on Jumat, 25 Maret 2016



Keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik untuk memperpanjang landasan Lapangan Terbang (Lapter) Harun Tohir tampaknya tidak bisa terealisasi dalam waktu dekat. Penyebabnya, sampai saat ini hasil kajian dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) belum selesai dilakukan. Sehingga, pemkab belum bisa memastikan sistem pembebasan yang akan dilakukan.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Jusuf Ansyori, mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan pembebasan dilakukan. Sebab, Pemkab Gresik masih menunggu koordinasi dengan Kemenhub. “Yang mengetahui pola kebutuhan lahan kan kemenhub, jadi kami tunggu hasil kajian mereka,” ujarnya saat ditemui usai membahas RPJMD bersama dewan.

Dikatakan, kekurangan lahan yang harus dibebaskan memang cukup besar. Yakni, dengan panjang sekitar 400 meter dan lebar lahan mencapai 130 meter. “Semuanya masih atas nama milik warga Bawean, jadi harus dibebaskan,” katanya, kemarin.

Terkait dengan permintaan warga agar pembebasan dilakukan dengan ganti lahan, pihaknya bakal melakukan kajian terlebih dahulu. Sebab, pembebasan lahan dapat dilakukan dengan beberapa pilihan. “Secara aturan membenarkan, pembebasan lahan dengan ganti tanah,” ungkap dia.

Kemudian, bisa juga dengan uang dan gabungan antara keduanya. Yang penting, antara kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan. “Pembebasan lahan kan bisa dilakukan dengan beberapa bentuk. Jadi dilihat nanti saja,” terang dia.

Sebelumnya, warga melalui Camat Tambak Narto meminta agar ganti rugi dilakukan dengan mengganti tanah yang dibebaskan. Sebab, selama ini setiap kali selesai dibebaskan warga kesulitan mendapatkan tanah dan membangun rumah. “Warga memang minta ganti tanah dan bangunan,” katanya. (rof/ris)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean