Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Butuh Sebulan Bersihkan Batu di JLB

Butuh Sebulan Bersihkan Batu di JLB

Posted by Media Bawean on Kamis, 14 April 2016



Proses pembersihan batu-batu besar di tebing jalur lingkar Bawean, sudah berjalan 15 hari. Masih membutuhkan sekitar sebulan lagi untuk membersihkan batu-batu tersebut.

Bebatuan tersebut diketahui rawan longsor dan mengancam jiwa pengguna jalan. Proses pembersihan masih terkonsentradi si jalan lingkar kawasan desa Kepuhlegundi kecamatan Tambak. Karena disinilah banyak bebatuan besar dan beberapa kali longsor. Untungnya, kejadian longsor selama ini tidak menelan korban jiwa.

Pimpinan kegiatan pembersihan batu, H. Abdurrahman mengatakan memerlukan waktu sebulan lagi untuk bisa dibersihkan semuanya. Jalan sepanjang 100 meter di kawasan Kepuhlegundi bagian atas tebing paling banyak bebatuannya. “Banyak bebatuan besar yang sudah diturunkan, perkiraan beratnya untuk sebuah batu mencapai 10 ton sampai 15 ton,”paparnya.

Proses pembersihan ini tidak mampu bila menggunakan tenaga orang, butuh bantuan alat derek untuk memindahkannya.

M. Zen Kepala UPT Pekerjaan Umum Bawean meminta kepada pengguna jalan lingkar agar menggunakan jalur barat untuk menuju kecamatan Tambak. Alasannya agar tidak mengganggu proses pekerjaan pembersihan batu diatas tebing. Walaupun demikian keperluan pengguna jalan juga diperhatikan, yaitu tetap memberikan ruang agar jalan bisa dilintasi kendaraan roda empat dan dua.

Perlu diketahui beberapa waktu lalu Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim ketika meninjau ke lokasi langsung memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Gresik agar secepatnya menggeser batuan yang ada diatas tebing segera dibersihkan. Mengingat pentingnya akses jalan lingkar, juga menjamin keselamatan penggunanya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean