Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Mudik Lebaran, Penerbangan Bawean Bakal Ditambah

Mudik Lebaran, Penerbangan Bawean Bakal Ditambah

Posted by Media Bawean on Sabtu, 07 Mei 2016



Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur mengupayakan penambahan penambahan jadwal penerbangan Surabaya-Bawean selama musim mudik dan balik Lebaran nanti. Usulan itu disampaikan ke Kementerian Perhubungan, mengingat penumpang rute ini sangat padat. Bahkan untuk penerbangan sebulan sudah habis dipesan sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Wahid Wahyudi menjelaskan, usulan penambahan jadwal itu sudah lama disampaikan ke Kementrian Perhubungan. Namun hingga saat ini usulan itu belum bisa direalisasikan.

Disebutkan, selama ini penerbangan Surabaya-Bawean menggunakan maskapai PT Airfast Indonesia. Frekuensi penerbangan dalam sepekan hanya 2 kali. Yakni Selasa dan Kamis. “Kami akan berupaya untuk mengusulkan tambahan jadwal penerbangan. Kalau perlu nanti ditambah jumlah pesawat sejenis khusus untuk mengantisipasi lonjakan pemudik ke pulau Bawean,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini load factor penerbangan Surabaya-Bawean, rata-rata 100 persen. Tentu saja, jika hal ini dibiarkan bisa mengganggu aktivitas perekonomian. “Musim mudik lebaran merupakan puncak tertinggi mobilisasi masyarakat. Kami meminimalisir adanya penumpukan penumpang, sebab itu akan menganggu kenyamanan pemudik lainnya,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Kelas III Bandara Trunojoyo, Wahyu Siswono mengungkapkan, penerbangan Surabaya Bawean mendapat subsidi dari Kementerian Perhubungan. Subsidi itu ditujukan agar dapat memacu perekonomian Kabupaten Gresik.

“Jika bulan kemarin ada wacana subsidi penerbangan akan dicabut. Sepertinya, hingga musim mudik lebaran nanti subsidi masih akan diberikan oleh pemerintah,” terangnya. (fir)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean