Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Perpanjangan Landasan Ancang Bawean Ditargetkan Selesai 2017

Perpanjangan Landasan Ancang Bawean Ditargetkan Selesai 2017

Posted by Media Bawean on Kamis, 02 Juni 2016


Perpanjangan landasan ancang di Lapangan Terbang Harun Thohir di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ditargetkan selesai pada 2017 sehingga rencana penggunaan pesawat terbang berpenumpang lebih dari 50 penumpang dapat terealisasi.

"Targetnya tahun depan selesai dan siap dioperasikan," ujar Wakil Bupati Gresik M. Qosim di sela Seminar Wisata Bahari Indonesia dan Kongres Persatuan Saudagar Bawean di Surabaya, Minggu.

Saat ini, kata dia, perkembangan proses perpanjangan landasan ancang sudah dalam tahap pembebasan lahan dan biaya yang dikeluarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gresik telah disetujui.

Panjang landasan ancang yang ada saat ini adalah 900 meter, namun ke depan akan ditambah hingga panjangnya 1,5 kilometer.

"Kalau sudah diperpanjang maka pesawat terbang berpenumpang lebih dari 50 orang bisa mendarat di sana, dan itu akan sangat membantu," ucapnya.

Sejak dibukanya Lapangan Terbang Harun Thohir oleh Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan pada akhir Januari 2016, penerbangan rute Surabaya-Bawean dan sebaliknya hanya dua kali sepekan dengan pesawat jenis "air fast" berpenumpang tidak lebih dari 15 orang.

Ia mengakui saat ini permintaan ke Pulau Bawean sangat tinggi sehingga Pemkab telah mengajukan izin ke Kementerian Perhubungan agar penerbangan dilakukan tiga kali sepekan.

"Semoga Pemerintah Pusat secepatnya memberikan izinnya dan lalu lintas penerbangan, baik yang mengarah maupun keluar Bawean semakin intens," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Persatuan Saudagar Bawean, Yahya Zaini, mengaku sangat mendukung rencana pengembangan insfrastruktur di Pulau Bawean karena dipastikan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Pesawat terbang menjadi salah satu alat transportasi paling mendukung sehingga harus ada pembenahan dari yang ada sekarang," ujarnya. (*)

Sumber : Antara

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean