Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Krisis Oksigen, Pasien Mencari ke Tukang Las

Krisis Oksigen, Pasien Mencari ke Tukang Las

Posted by Media Bawean on Selasa, 19 Juli 2016



Sebagian pasien di Puskesmas Sangkapura harus pontang panting mencari oksigen. Kerabat mereka harus mencari ke tukang las atau pengusaha ikan untuk mendapatkan oksigen. “Sudah tidak ada stock, kami harus mencari sendiri diluar,” kata salah satu keluarga pasien yang tak mau namanya dikorankan.

Menurutnya, ketersediaan oksigen bagian dari layanan puskesmas yang tak bisa diabaikan. Karena oksigen menjadi hal yang sangat dibutuhkan. "Bukan seperti sekarang, keluarga pasien masih disibukkan mencari oksigen ke tukang las atau pengusaha ikan,"katanya.

Merespon keluhan keluarga pasien, kepala UPT Puskesmas Sangkapura dr. Tony S. Hartanto membenarkan kelangkaan stok oksigen. Ini karena tidak ada KLM yang beroperasi setelah lebaran idul fitri.

"Stok oksigen persediaan sekarang hanya ada 1 tabung saja, itupun untuk pasien yang kondisinya sangat memerlukan,” kata Tony.

Tony juga membenarkan agar i pasien yang ingin rawat inap, sebaiknya mencari sendiri untuk mengatasi kelangkaan oksigen. Adapun jumlah tabung untuk persediaan biasanya berjumlah antara 15 sampai 20 tabung.

H. Muntarifi ketua komisi D DPRD Kabupaten Gresik menyesalkan adanya kelangkaan oksigen untuk pasien di Puskesmas Sangkapura. "Saya sudah seringkali diberitahu keluarga pasien tentang kekosongan oksigen,"paparnya.

Ironisnya kenapa persoalan ini sampai sekarang belum ada solusinya, sehingga membuat citra buruk pelayanan kesehatan. "Semestinya Dinkes Gresik termasuk Puskesmas melakukan antisipasi dengan persediaan stok yang banyak agar pelayanan terbaiknya dirasakan langsung oleh masyarakat Pulau Bawean,"tegasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean