Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Dinkes Segera Rekrut Untuk RS Umar Mas ud

Dinkes Segera Rekrut Untuk RS Umar Mas ud

Posted by Media Bawean on Minggu, 21 Agustus 2016


Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik berupaya memenuhi fasilitas kesehatan di dua kecamatan Pulau Bawean. Setelah membangun Rumah Sakit Tipe D, kini Dinkes mengusulkan penempatan dokter spesialis. Namun, rencana tersebut masih menunggu persetujuan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik.

Sejak diresmikan Desember 2014 lalu, RS Umar Mas'ud di Kecamatan Sangkapura, Bawean belum memiliki dokter spesialis. Sehingga pasien warga Bawean yang membutuhkan pelayanan spesialis harus dirujuk ke RSUD Ibnu Sina atau rumah sakit lain di Gresik dan Surabaya.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Gresik dr Nurul Dholam mengatakan saat ini belum ada dokter spesialis yang menetap disana. Saat ini, Bawean hanya dilayani dokter spesialis yang ada di Gresik. "Jadi kalau dibutuhkan saja, dokter akan datang kesana, kalau tidak ya di Gresik," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya mengusulkan empat dokter spesialis kepada BKD untuk ditempatkan di Bawean. Ini agar pelayanan kepada masyarakat Bawean bisa lebih maksimal lagi. "Selain itu keberadaan Rumah Sakit Tipe D disana bisa benar-benar melayani kebutuhan masyarakat," kata dia.

Dijelaskan, empat dokter spesialis tersebut antara lain dokter penyakit dalam, dokter bedah, dokter kandungan serta dokter anak. Empat spesialis ini memang dianggap paling dibutuhkan masyakat Pulau yang ada di wilayah utara perairan Kabupaten Gresik. "Ada empat penyakit dalam, bedah, anak dan kandungan," terangnya.

Menurut dia, saat ini di Pulau Bawean hanya ada dokter umum. Jumlahnya pun saat ini juga masih sangat minim. "Untuk dokter umum di Pulau Bawean ada empat orang, dua di Kecamatan Tambak dan dua ada di Kecamatan Sangkapura," ujarnya, kemarin.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Gresik Noto Utomo mengatakan sudah saatnya Bawean memiliki dokter spesialis. Sehingga, perawatan tidak perlu di lakukan di kota. Tetapi, bisa dilakukan disana. "Kami meminta agar segera disedikan dokter spesialis di Pulau Bawean," katanya. (rof/ris)

Sumber : Radar Gresik

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean