Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tampilkan Putri Cinderala, Bawa Pesan Kejujuran

Tampilkan Putri Cinderala, Bawa Pesan Kejujuran

Posted by Media Bawean on Kamis, 25 Agustus 2016




Rangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 di kecamatan Sangkapura dengan menggelar karnaval , Minggu (23/8). Ada 36 peserta yang berasal dari lembaga pendidikan dan umum. 

Salah satu peserta yang paling banyak menarik perhatian adalah penampilan SDN Kotakusuma. Mereka mengusung cerita rakyat yang syarat dengan pesan moral. Peserta bernomer 7 ini dikawal badut barisan dengan berharap wujudkan pendidikan Indonesia berkarakter.

Muksin kepala SDN Kotakusuma mengatakan karnaval bertemakan cerita rakyat atau dogeng ini diikuti seluruh siswa bersama guru, juga disertai orang tua siswa. 

Menurutnya di era globalisasi dengan sistem pendidikan modern diperlukan adanya pesan moral melalui dogeng cerita rakyat yang telah menjadi warisan leluhur. 

"Tujuannya mengimbangi pesan moral bisa diterima dalam pendidikan berkarakter,"paparnya.

Salah satu karakter yang ditampilkan putri cinderala diperankan Berliana Ihwan asal Barat Sungai memberikan pesan sikap anak yang polos dan jujur sebagai cerminan dalam diri. Walau kerap kali mendapat perlakuan yang tidak enak akhir dapat membuktikan bahwa diri yang berhak mendapatkanya.

Selain itu, pangeran Ande Ande Lumut sosok pribadi yang baik, bersahaja dapat menentukan pilihan yang tepat sebagai pangeran. Sikap tegas ini yang baik dapat contoh siswa sebagai salah satu katakter pendidikan bangsa.

Sedangkan tokoh malin sikap tidak baik karena durhaka kepada orang tuanya, serta tokoh pinokio sikap suka berbohong tentu bertentangan dengan Pancasila.

SDN Kotakusuma yang letaknya di jantung kota Sangkapura dituntut agar bisa mendidik siswa secara baik. Diantaranya berhasil mengukir banyak prestasi, serta mempunyai kegiatan ekstrakurikuler seperti drumband. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean