Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » MAK Hasan Jufri Praktek Memulasara Jenazah

MAK Hasan Jufri Praktek Memulasara Jenazah

Posted by Media Bawean on Jumat, 16 September 2016


Sebagai jurusan unggulan, Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Hasan Jufri Lebak Sangkapura rutin melaksanakan praktek pembelajaran. Seperti siang kemarin, mereka mengadakan praktek memulasara jenazah. Kegiatan ini dikuti oleh 26 siswa dengan tiga guru pembimbing, yaitu Muhammad Yusuf, Nur Qamari dan Abdul Hadi.

Praktek ini dimulai dari memandikan jenazah, mengkafani, menshalati dan tata cara menguburkan. Saat praktek memandikan jenazah, para siswa ditunjukan tata caranya secara detail. Mulai bila ada najis yang menempel, mayit yang melepuh kulitnya sampai mayit yang meninggal karena penyakit menular. Begitu pula ketika membungkus dengan kain kafan 3 lapis, memberi serban dan cara mengikatnya.

Saat praktek, para siswa aktif bertanya tentang berbagai kemungkinan. Karena realita di masyarakat, ada banyak kejadian yang terkadang luput dari pengajaran di kelas. Para pembimbing melayani semua pertanyaan dari siswa dengan antusias.

Menurut Nur Qamari, para siswa didorong untuk bertanya sebanyak-banyaknya supaya tidak kaget bila ada kejadian yang tak terduga di kemudian hari nanti. “ Praktek memulasara jenazah ini adalah riil di kampung. Para siswa harus menguasainya,”ujarnya.

Di samping praktek mumalasara jenazah, siswa MAK Hasan Jufri juga praktek menjadi bilal shalat Jumat. Kegiatan ini dimulai Jumat pertama di bulan September ini. Praktek ini dimaksudkan untuk melatih mental dan kemampuan siswa dalam mata pelajaran fiqh. Direncanakan, tiap jumat para siswa akan mendapat kesempatan menjadi bilal Jumat di masjid di kecamatan Sangkapura. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean