Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tahan Ombak Hingga 2 Meter, Harganya Bervariasi

Tahan Ombak Hingga 2 Meter, Harganya Bervariasi

Posted by Media Bawean on Rabu, 28 September 2016


Jhukong adalah kendaraan yang digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan di laut, bentuknya berupa perahu kecil yang dilengkapi dua pengimbang dari bambu.

Abd. Rasyid asal Dukuh Sungairujing berprofesi sehari-hari sebagai sopir, diwaktu luangnya pergi ke laut dengan jhukong untuk mencari ikan dengan cara memancing.

Sebenarnya, menurut Abd. Rasyid, jhukong adalah kendaraan laut yang serba bisa, yaitu memancing, mengenus, termasuk mencari ikan tongkol. "Hasil tangkapan ikan memancing bermacam-macam, soal mendapatkan tangkapan ikan banyak atau sedikit tergantung rizqi kita masing-masing,"katanya.

Ketahanan terhadap tinggi gelombang sampai dua meter, terasa tidak mabuk disebabkan punya dua keseimbangan terbuat dari bambu disamping kanan dan kiri. "Pernah diterjang ombak setinggi dua meter, ternyata enak tidak sampai patah. Bila ombak sudah tiga sampai empat meter sudah tidak berani melaut,"paparnya.

Harganya jhukong bervariasi, ukuran kecil digunakan mencari ikan nus atau cumi-cumi seharga Rp.1 juta, jhukong agak besar seharga Rp. 5 juta dan jhukong paling bagus seharga Rp.10 juta.

Jhukong masa kini, jelas Abd. Rasyid sudah dilengkapi mesin, sehingga tidak capek mengayun dengan tangan. "Cukup praktis dan menyenangkan melaut menggunakan jhukong,"terangnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean