Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » KIPRAH WAKIL RAKYAT : Prioritas Sektor Pertanian Bawean

KIPRAH WAKIL RAKYAT : Prioritas Sektor Pertanian Bawean

Posted by Media Bawean on Sabtu, 07 September 2019



Pulau Bawean Gresik dikenal memiliki potensi wisata yang sangat indah di Jawa Timur. Disisi lainnya, Pulau Bawean masih memiliki banyak lahan tidur yang belum dikelola oleh pemiliknya.

Dalam rangka memajukan sektor pertanian dengan memanfaatkan lahan yang ada, Musa anggota DPRD Kabupaten Gresik dari daerah pemilihan Pulau Bawean memiliki prioritas untuk mengembangkannya.

Ditemui Media Bawean (jum'at, 6/9), anggota dewan yang kini menjabat Ketua Fraksi Partai Nasdem mengatakan Pulau Bawean memiliki banyak lahan sektor pertanian yang layak dikembangkan dalam rangka memajukan perekonomian. Untuk mewujudkannya, Musa mengaku sudah melakukan uji coba dengan melakukan penanaman cengkeh, lada dan durian. "Alhamdulillah hasilnya sangat bagus dan layak dikembangkan,"katanya.

Adapun gerakan yang dilakukan menurutnya meningkatkan produktifitas tanaman agar lebih cepat panen. "Misalnya, sebelumnya cuma panen setahun sekali, sekarang sudah bisa panen setiap bulan. Terbukti hasil uji coba yang sudah dilakukannya sangat bagus,"paparnya.

Selain itu, rencana kedepannya akan melakukan uji coba penanaman tembakau.

Dalam beberapa hari kedepan, Musa akan kembali menggelar pelatihan dibeberapa tempat di Pulau Bawean. "Intinya, kita memberikan pendidikan kepada warga agar memanfaatkan lahan yang dimilikinya,"ujarnya.

Gerakan yang dilakukan selama ini murni dilakukannya tanpa ada kerjasama dengan dinas terkait. "Kedepan tentunya kita akan kerjasama dengan instansi seperti Dinas Pertanian, termasuk perusahaan seperti PT Semen Gresik, PT Petrokimia dan lainnya, dengan berharap bantuan CSR diwujudkan dalam bentuk benih yang diberikan kepada petani di Pulau Bawean,"terangnya.

Ditambahkan, menurutnya untuk mendukung pengembangan pertanian perlu perbaikan infrastruktur seperti irigasi. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean