Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kantin "ZUHUD" STAIHA Bawean

Kantin "ZUHUD" STAIHA Bawean

Posted by Media Bawean on Rabu, 02 November 2022



Oleh: Sugriyanto (Dosen STAIHA)

     Salah satu kampus komplek yang berada di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Jawa Timur adalah STAIHA (Sekolah Tinggi Agama Islam Hasan Jufri), tepatnya berada di Dusun Kebunagung Desa Lebak Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik Jawa Timur. Kekompleksan kampus pemilik dua pohon beringin rindang dan tegar di dalam areal kampus tersebut membuka banyak lembaga tingkatan pendidikan. Mulai dari MDU, MTs, MA, MAK, serta perguruan tinggi hingga terus melebarkan sayap dalam cabang pendidikan yang berada di bawah naungan bendera Yayasan Hasri atau Hasan Jufri. Hingga saat ini, 2022 kampus STAIHA mengalami penambahan gedung perkuliahan setelah membuka cabang prodi baru dari tiga cabang yang sudah ada yakni MPI (Managemen Pendidikan Islam), HES (Hukum Ekonomi Syari'ah/Muamalah), PAI (Pendidikan Agama Islam), serta HKI (Hukum Keluarga Islam) bukan Hak Kekayaan Intelektual yang baru dibuka lagi. 

     Lokasi yang dipergunakan sebagai area bangunan program studi baru itu dulunya sebagai area kantin kampus yang kerap dijuluki Cafetaria tersebut. Setelah bangunan gedung prodi baru itu memanfaatkan lahan yang pernah dipergunakan sebagai area kantin, secara otomatis kantin harus direlokasi ke tempat yang dianggap paling strategis. Pilihan tempat sementara lokasi kantin kampus dipindah ke tengah-tengah bangunan gedung prodi MPI, HES, dan HKI sebagai gedung pencakar langitnya Pulau Bawean selama ini. Kantin sederhana yang diperuntukkan mahasiswa dan anak murid madratsah Hasan Jufri sebagai kantin "Zuhud" dengan berbagai kesederhanaan dalam penampakannya. Hampir seluruh bahan, mulai dari atap dan keliling dindingnya berupa tatanan asbes bekas atap bangunan lama yang sudah dibongkar dan masih layak pakai.

     Rencana ke depan, pihak Yayasan Hasri sudah memplot satu lokasi di lantai dasar dari bangunan baru didirikan itu sebagai tempat kantin mendatang. Meja dan kursi para pengunjung kantin sudah didesain sedemikian rupa sehingga seluruh sivitas kampus dan anak murid madrtsah dari berbagai tingkatan dapat melepas lelah dalam waktu rehatnya dengan sempurna. Sejak pagi hingga sore, pengelolah kantin dapat melayani persoalan asupan logistik yang memadai. Kalangan mahasiswa, dosen, dan pelajar akan mudah untuk mendapatkan berbagai jenis es krim dan kuliner asli olahan rumah tangga dengan bandrol yang relatif amat terjangkau untuk berbagai kalangan. 

     Secara kasat mata dapat dinilai bahwa pengelolah Yayasan Hasri mengunut prinsip kesederhanaan zonder memubadzirkan barang-barang bekas yang masih layak pakai. Hal ini pun sifatnya sementara sebelum bangunan gedung pengembangan prodi baru itu rampung. Secara tidak langsung pula, pihak Yayasan Hasri memberi peluang usaha kepada masyarakat sekitar sebagai pihak pengelolah kantin. Hal yang menjadi penilaian publik terhadap Yayasan Hasri hingga saat ini adanya kekuatan mental spiritual para pemangkunya dengan mengedepankan sifat Zuhud dan jiwa kesederhaan hidup lainnya. Benar-benar patut menjadi teladan sejati.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean