Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Arah Kiblat Masjid Bawean,
Masjid Pamona Paling Betul

Arah Kiblat Masjid Bawean,
Masjid Pamona Paling Betul

Posted by Media Bawean on Kamis, 19 Agustus 2010

Media Bawean, 19 Agustus 2010

Kelanjutan mengenai arah kiblat masjid di Pulau Bawean, PCNU Bawean membentuk tim khusus untuk melakukan penelitan, yaitu KH. Zakariyah sebagai Lajnah Falakiyah PCNU Bawean, KH. Abd. Latif sebagai HTMI PCNU Bawean dan Ahsanul Haq sebagai perwakilan PCNU Bawean.

Hasil penelitian yang dilakukan selama tiga hari sebelum memasuki bulan puasa ramadhan, berhasil melakukan penelitian sebanyak 26 masjid dari 114 masjid di Pulau Bawean.

Menurut Abd. Latif ditemui Media Bawean, hari ini (19/8), masjid yang paling tepat arah kiblat dan bincretnya adalah masjid Pamona Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura. Sedangkan masjid paling parah kesalahan arah kiblat yaitu masjid Paromaan, Kecamatan Tambak.

“Arah kiblat kurang ke kanan atau ke kiri dalam derajat dihitung dari garis lurus bangunan masjid,” jelas KH. Abd/ Latif.

Adapun hasilnya sebagai berikut, Masjid Pudakit Timur arah kiblat bagus, tetapi bincret tidak bisa dipakai. Masjid Pudakit Barat arah kiblat sedikit kurang miring ke utara, sedangkan bincret tidak ada. Masjid Padang desa Suwari arah kiblat kurang ke selatan 3 derajat, bincret betul. Masjid desa Suwari arah kiblat betul,, tetapi bincret tidak bisa dipakai. Masjid Bangkalan desa Dekatagung arah kiblat kurang serong ke kiri 5 derajat dan, bincret betul. Masjid Bangsal Dekatagung arah kiblat kurang ke kanan 1,5 derajat dan bincret tidak bisa dipakai. Masjid Sungai Tirta, desa Sungairujing arah kiblat betul dan bincret baik. Masjid Dukuh arah kiblat kurang ke kanan 6,5 derajat dan bincret bermasalah. Masjid Al kautsar, Daun Iliran arah kiblat kurang ke utara 5 derajat dan bincret baik. Masjid Pamona desa Sidogedungbatu arah kiblat betul dan bincret baik. Masjid Batusendi desa Sidogedungbatu arah kiblat kurang ke kanan 4,5 derajat dan bincret baik.

Masjid Dedawang arah kiblat serong ke kiri 4,5 derajat, bincret tidak bisa dipakai. Masjid Teluk Kelompang, desa Telukjatidawang arah kiblat kurang ke kiri 6 derajat, sedangkan bincret tidak ada. Masjid Kotta Tambilung,desa Sokaoneng arah kiblat kurang ke sebelah kanan 5,5 derajat dan bincret betul. Masjid Tambak Kramat arah kiblat betul dan bincret tidak bisa dipakai. Masjid Jamik Tambak arah kiblat kurang ke arah kanan 5 derajat dan bicret betul. Masjid Tanjungori arah kiblat sudah benar sebagai hasil perbaikan dan bincret betul. Masjid Pajinggahan Tanjungori kiblat benar dan bincret bermasalah. Masjid Pengerangan Tanjungori arah kiblat kurang ke kiri 0,5 derajat dan bincret betul. Masjid Grejek arah kiblat kurang ke arah kiri 4 derajat, sedangkan bincret bermasalah. Masjid Langgaor desa Paromaan arah kiblat betul dan bincret bermasalah. Masjid Paromaan arah kiblat kurang ke kanan 15 derajat dan bincret bermasalah. Masjid Tajunggunung desa Paromaan arah kiblat baik dan bincret baik. Masjid Labuhan Tanjungori arah kiblat kurang kekiri 9 derajat dan bincret baik. Masjid Teluk Kemur desa Kepuhteluk arah kiblat betul dan bincret baik. Masjid Kepuhteluk arah kiblat kurang ke kanan 9 derajat dan bincret bermasalah. Masjid Diponggo arah kiblat kurang ke kanan 1 derajat dan, bincret bermasalah.

KH. Zakariyah mengatakan dalam penilitian arah kiblat dan bincret banyak kendala di lapangan, diantaranya pihak pengurus masjid berprinsip bahwa arahnya sudah benar, meskipun arahnya salah. “Kendala lainnya, yaitu masjid penuh dengan magnet sehingga mengganggu arah kompas, seperti di masjid Langgaor desa Paromaan,” terangnya. (bst)

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean