Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Bangga Disebut Orang Boyan

Bangga Disebut Orang Boyan

Posted by Media Bawean on Kamis, 26 Agustus 2010

Media Bawean, 26 Agustus 2010


Sumber : Koran Surya

Gresik - SURYA- Masyarakat Pulau Bawean, ternyata lebih menyukai bekerja di luar negeri sebagai TKI, daripada melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi. Bahkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Gresik mencatat, 90 persen usia produktif warga Bawean lebih suka bekerja ke Malaysia, Singapura dan Australia.

Kepala Disnakertrans Gresik Saputro mengatakan, keinginan menjadi TKI lebih dipicu keberhasilan warga setempat saat merantau.

“Sampai-sampai mereka kalau ditanya cita-citanya apa, jawabnya rata-rata jadi TKI. Karena mereka lebih bangga disebut orang Boyan (sebutan TKI asal Bawean), dari pada kuliah,” ujarnya.

Dijelaskan, pahlawan devisa asal Gresik sendiri bukan hanya berasal dari Pulau Bawean saja, tetapi juga tersebar di Kecamatan Dukun, Panceng, dan Kecamatan Ujungpangkah. Hanya bila dibandingkan, tetap dominasi warga dua kecamatan Pulau Bawean yaitu Tambak dan Sangkapura.

Terungkap pula, pengiriman uang dari luar negeri melalui Kantor Pos Gresik 2009 lalu mencapai Rp 2,7 miliar. Dibandingkan 2008 hanya sekitar Rp 2,4 miliar. Dari total transaksi pengiriman uang ke Gresik, 20 persen dikirimkan ke Kecamatan Dukun dan Kecamatan Panceng, selebihnya ke Pulau Bawean. nsan

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean