Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Rukyatul Hilal Di Bawean, Tidak Melihat Bulan

Rukyatul Hilal Di Bawean, Tidak Melihat Bulan

Posted by Media Bawean on Selasa, 10 Agustus 2010

Media Bawean, 10 Agustus 2010

Awan Menutupi Bulan Di Bumi Pulau Bawean

Ketua KUA Bersama Ketua PA Bawean

Tim Rukyatul Hilal Sedang Memperhatikan Keluarnya Bulan

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkapura menggelar rukyatul hilal atau melihat bulan muda awal Ramadan 1431 Hijriyah secara kasat mata di Perapat Tunggal Desa Dekatagung Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, hari ini (selasa, 10/8).

Awal proses rukyatul hilal terlihat awan tebal menutupi arah bulan yang menjadi fokus ahli rukyat dari Pulau Bawean. Minsawi sebagai Ketua KUA Sangkapura menyimpulkan bahwa rukyatul hilal di Pulau Bawean tidak melihat bulan.

Ketua Pengadilan Agama (PA) Bawean, Drs. Bambang Supriastoto, S.H., M.H. mengatakan bahwa kehadirannya di tempat rukyat hanya untuk menyumpah bila ada yang melihat bulan, sehubungan tidak ada satupun yang melihatnya maka tidak ada prosesi penyumpahan. "Tugas rukyat adalah Departemen Agama, sedangkan Pengadilan Agama hanya mengambil sumpah saja," katanya.

Drs. Bambang Supriastoto, S.H., M.H. memiliki kesimpulan bahwa bulan tidak bisa dilihat dengan adanya awan. "Memang disini (Prapat Tunggal : Red.) selalu tidak terlihat, kalau tidak awan terkadang kabut dari laut," ujarnya.

Lebih lanjut Ketua PA Bawean, memiliki keyakinan bahwa pelaksanaan ibadah puasa ramadhan dimulai besok, sehubungan hisab dari Mahkamah Agung semua sudah terpenuhi, termasuk penghitungan Newcom. "Seharusnya terlihat disini, tetapi sehubungan adanya awam sehingga tidak bisa terlihat, kemungkian ditempat lain ada yang melihatnya," paparnya.

"Kemungkinan hari raya idul fitri nanti akan ada perbedaan penghitungan, tetapi kecil. Menurut hisab hari raya idul fitri nanti pada hari jum'at, semoga ada yang melihat nantinya, sehingga tidak terjadi perbedaan," terang Drs. Bambang Supriastoto, S.H., M.H. (bst)

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean