Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Pegawai Puskesmas Sangkapura
Menunaikan Ibadah Qurban

Pegawai Puskesmas Sangkapura
Menunaikan Ibadah Qurban

Posted by Media Bawean on Senin, 07 November 2011

Media Bawean, 7 November 2011


Layak ditiru oleh instansi lain di Pulau Bawean, hari ini (senin, 7/11/2011) Kantor UPT Puskesmas Sangkapura dalam momentum hari raya idul adha 1432 H. telah menunaikan ibadah qurban dengan memotong 3 ekor hewan berjenis sapi jantan.

Setiap seekor sapi qurban diperuntukkan untuk 7 orang, dengan berjumlah 3 ekor diikuti sebanyak 21 pegawai di instansi UPT. Puskesmas Sangkapura. 

Ada kiat khusus sehingga pegawai memiliki kemampuan untuk menunaikan ibadah qurban, yaitu setiap pegawai melakukakan iuran setiap bulan sebesar Rp. 100ribu. Dalam waktu 1 tahun terkumpul Rp.1,2juta, kemudian ditambah Rp.100ribu sehingga berjumlah Rp.1,3 juta, lalu digabungkan 7 orang berjumlah Rp. 9,1 juta. Hasil pengumpulan dana dibelikan 1 ekor sapi untuk dijadikan qurban bersama.

Bila terjadi kelebihan dana dari pembelian hewan qurban, menurut Syamsuddin (Pegawai Puskesmas) akan disumbangkan ke mushollah Puskesmas Sangkapura.

Kepala UPT. Puskesmas Sangkapura, dr. Achmad Syafi' mengatakan pelaksanaan ibadah qurban diikuti oleh pegawai di Puskemas, termasuk bidan desa di kecamatan Sangkapura. "Tidak ada paksaan dalam menunaikan ibadah qurban, dikhususkan kepada pegawai yang iklhas untuk berkorban saja,"katanya.

"Ternyata responnya bagus, Insya Allah akan tetap dilanjutkan untuk tahun depan,"paparnya.

Menurut Syafi', pendistribusian daging qurban diserahkan sepenuhnya kepada bidan desa untuk memilih yang berhak menerimanya, serta dibagikan kepada warga sekitar Puskesmas Sangkapura,"terangnya.

"Dengan bekerjasama suatu hal yang dianggapnya berat akan terlaksana dengan mudah, serta jalinan silaturrahim dapat dikembangkan,"ujarnya.

Pemotongan hewan qurban dilaksanakan oleh para Kyai dari berbagai daerah di Sangkapura. Setelah pemotongan selesai, dilanjutkan pembersihan kulit, kemudian daging dipotong-potong oleh pegawai kaum perempuan. Selanjutnya daging ditimbang, lalu didistribusikan kepada yang berhak menerimanya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean