Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Harus Jadi Kekuatan Ekonomi

Harus Jadi Kekuatan Ekonomi

Posted by Media Bawean on Minggu, 29 April 2012

Media Bawean, 29 April 2012 

Oleh : Muhyiddin eL-Febiens*

Mudik adalah suatu tradisi yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat urban. Acara mudik bahkan menjadi taruhan keberhasilan di kota. Mereka umumnya merasa malu jika pulang kampung dengan tangan kosong. Setelah sampai di tanah kelahiran, secara sengaja atau tidak mereka akan memoles diri dengan simbol-simbol yang bisa mengangkat derajatnya di mata masyarakat dari segi peningkatan kelas ekonomi.

Secara tidak sadar 'penonjolan status ekonomi' yang diperlihatkan tersebut membawa efek lanjutan bagi penduduk lain yang memang beranggapan bahwa kota adalah jalan menuju kehidupan lebih baik. Sehingga terjadilah Urbanisasi berikutnya . ironisnya fenomena ini secara turun temurun dan membuat kota semakin kumuh.

Salah satu faktor maraknya urbanisasi adalah pembangunan pemerintah yang sentralistik. Desa tentu saja selalu dikalahkan. Sehingga menimbulkan anggapan bahwa kota adalah lambang kemakmuran dan perdesaan sebagai simbol keterbelakangan.

Selama desa tidak dianggap menarik sebagai penjamin kesejahteraan, urbanisasi akan terus terjadi. Oleh karena itu, desa harus bisa membendung urbanisasi melalui penyediaan lapangan kerja dan sumber-sumber ekonomi. Karena desa yang dikelola melalui potensi perdesaan yang menjanjikan pendapatan tinggi akan meminimalisasi urbanisasi.

Sebenarnya, potensi yang tersimpan di desa tidaklah kecil. Seandainya pembinaan dan pengembangan diri pada masyarakat desa terus dilakukan, warga desa bisa menghidupi dirinya sendiri, bahkan bisa menjadi pendongkrak ekonomi nasional. Lebih lanjut, pemerintah juga harus menggalakkan pembangunan desa dari berbagai sektor kehidupan. Terutama dari segi ekonomi. Desa harus lebih diutamakan dari pada kota agar perekonomian merata di negeri ini. Menurut World Bank, Pembangunan desa adalah sebagai strategi untuk memajukan kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi bagi kelompok tertentu, yaitu penduduk miskin di perdesaan.

Iwan Fals bahkan juga telah mewanti-wanti melalui salah satu lagunya yang berjudul 'Desa'. Benang merahnya, 'desa harus jadi kekuatan ekonomi' begitu salah satu bunyi lirik lagu tersebut. Desa adalah salah satu lumbung pangan dalam negeri saat lahan,lahan perkotaan sudah tidak bisa diharapkan untuk menghasilkan produk pangan. Desa adalah kekuatan sejati untuk memenuhi perut rakyat.

Terbatasnya infrastruktur yang ada di desa yang meliputi keterbatasan sarana trasnportasi, energi, telekomunikasi dan jasa-jasa infrastruktur terkait yang menyebabkan pasar-pasar lokal sulit berfungsi dengan baik. Hal ini juga akan menimbulkan kecendurungan kemiskinan dan pengangguran di desa yang nantinya berujung juga pada urbanisasi. Oleh karena itu, jika ingin membangun desa dari sektor ekonominya adalah dengan membangun infrastrukturnya dulu.

Terakhir, Desa harus jadi kekutan ekonomi agar warganya tak hijrah ke kota, sepinya desa akan jadi modal utama bagi mereka penganguran untuk merubah nasibnya hidup ke kota, walhasil kota semakin padat dan kumuh.

Ditulis di Daun, ketika pulang kampung......

*Tulisan ini Pernah dimuat di koran Harian Jogja,
*Penulis adalah pengguran yang kebetulan jadi Mahasiswa Jurusan Aqidah dan Filsafat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean