Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » KPRI Nusa Indah Bagikan Zakat MAL
Untuk Kaum Duafa Wilayah Timur

KPRI Nusa Indah Bagikan Zakat MAL
Untuk Kaum Duafa Wilayah Timur

Posted by Media Bawean on Selasa, 31 Juli 2012

Media Bawean, 31 Juli 2012 


Koperasi Pegawai Negeri Kecamatan Sangkapura atau dikenal dengan KPRI Nusa Indah yang berlokasi di jl.Wiyata Mandala Sangkapura setiap tahun selalu mengeluarkan zakat ( Zakat Mal) yang bertepatan pada bulan Ramadan. Melalui Rapat Pengurus KPRI tgl 29 Juli 2012 di Kantor KPRI yang mengagendakan penghitungan zakat Usaha ( zakat Mal) selama satu tahun (haul) bulan Ramadan 2011-2012 atau tutup buku bulan Juli 2011-2012 diputuskan berdasarkan penghitungan kekayaan koperasi 1 tahun diperoleh besarnya Zakat KPRI th 2012 sebesar Rp.28.700.000,- ( Dua puluh delapan Juta tujuh ratus ribu rupiah).

Sebagai Lembaga Koperasi yang terdiri dari 472 orang anggota, dan melayani para anggota seluruh Pegawai Negeri/Pensiun di seluruh wilayah kecamatan Sangkapura, KPRI membuka beberapa unit usaha diantaranya Usaha Pelayanan Barang (Toko), Usaha Simpan Pinjam, Usaha Perkreditan Barang dan Usaha Syari’ah. KPRI Nusa Indah yang berbadan Hukum tgl 5 Pebruari 1986 No.5936/BH/II/86, disamping mengeluarkan Zakat Usaha setiap tahun juga sesuai peratutan Per Undang-undangan tentang Pembayaran Pajak Badan dan Pajak Pribadi bagi para Pengurus Koperasi. pada bulan Januari 2012 KPRI telah mengeluarkan beban Pajak sebesar Rp.27.500.000,-( Dua puluh juta lima ratus ribu rupiah) sehingga total pengeluaran KPRI Nusa Indah untuk fungsi sosial ini baik pajak maupun berupa zakat berjumlah Rp.56.200.000 ( Lima puluh enam juta dua ratus ribu rupiah).Adapun penyaluran Dana sosial lainnya dari KPRI ini berupa Bea Siswa bagi siswa dari tingat SD,SMP SMA yang berprestasi di tingkat kecamatan yang disalurkan pada bulan Januari 2012.

Sebagai Unit Pengelola Zakat (UPZ) dari BAZ Kecamatan Sangkapura, KPRI Nusa Indah bersama BAZ Kecamatan akan menyalurkan zakat tahun ini : menurut 4 asnaf yaitu : SABIL = 24,4 %,MISKIN =48,8 %,AMIL= 16,8% dan GARIM = Rp.10 % yang tersebar di Dusun/Desa wilayah kecamatan Sangkapura bagian timur, yaitu 7 Desa diantaranya Desa Sungairujing, Desa Daun, Desa Sidogedungbatu, Desa Kebuntelukdalam, Desa Gunungteguh, Desa Balikterus, Desa Kumalasa. Pada Hari Minggu tanggal 5 Agustus 2012 mulai jam 08.30 wib s/d 14.30 WIB. Para Amil Zakat KPRI dan BAZ Kecamatan Sangkapura akan mulai berangkat ke Desa-Desa yang ditentukan diatas dengan menggunkan Mobil Kecamatan.

“Semoga Zakat KPRI Nusa Indah Kecamatan Sangkapura tahun semakin meningkat demi kepedulian kita pada kaum du’afa di kecamatan sangkapura”.Demikian M.Masykur menutup do’a dalam rapat bersama KPRI Nusa Indah..(Kiriman M. Shaleh)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean