Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Siswa MA Mambaul Falah Tambilung
Out Bond di Kantor BMKG Bawean

Siswa MA Mambaul Falah Tambilung
Out Bond di Kantor BMKG Bawean

Posted by Media Bawean on Sabtu, 30 Maret 2013

Media Bawean, 30 Maret 2013 

Sabtu (9/3, 2013), kelompok Outbond Penelitian Madrasah Aliyah Mambaul Falah Tambilung Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik melakukan kunjungan observasi ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas III Sangkapura Bawean (BMKG) dan Resort Konservasi Wilayah (RKW) Pulau Bawean. Dua instansi pemerintahan tersebut letaknya di Kecamatan Sangkapura. 

Didampingi guru pembina, yaitu Alwi, S.Si dan Endang Pratiwi, S.Si. Tepat pukul 07.30 WIB. siswa berangkat dari sekolah setelah mendengarkan arahan Kepala Sekolah menuju Sangkapura. Cuaca yang kurang mendukung menyebabkan keterlambatan, yaitu hujan lebat turun tanpa diduga ditengah perjalanan. Kondisi hujan dan angin kencang selama perjalanan menjadikan tekad semakin kuat agar segera sampai ke BMKG untuk menanyakan langsung kepada petugas tentang cuaca yang selama ini terjadi di Pulau Bawean.

Pukul 09.30 WIB. tiba di BMKG. Lalu membentuk barisan di halaman kantor dan mendengarkan materi dari Usman sebagai Kepala BMKG Bawean. Selanjutnya, siswa dipersilahkan untuk masuk ke taman sebagai tempat peralatan meteorologi dalam melaksanakan tugasnya dengan dipandu oleh Happy selaku tim dari BMKG.

Karena gerimis, seluruh siswa memasuki ruang kantor untuk mendengarkan materi tentang cara karja BMKG. Disela-sela penyampaian materi, siswa MA Mambaul Falah menanyakan beberapa pertanyaan yang salah satunya, “seringnya terjadi perbedaan pandangan antara BMKG dengan masyarakat nelayan". Misalnya ketika BMKG menyatakan 3 hari kedepan akan terjadi gelombang besar. Namun, kenyataannya masyarakat nelayan mengatakan ini bulan terang, jadi mana mungkin akan ada gelombang. Mereka lebih mengedepankan pengalaman dari pada pengetahuan.

Lalu apa tanggapan BMKG tentang hal tersebut? Happy menjawab, “Semua itu dikembalikan pada masyarakat. BMKG hanya menjalankan tugasnya. Selanjutnya masyarakatlah yang menentukan pilihannya sendiri”. 

Nama Penulis : Annisa 
Kelas : XI IPA. A 
Sekolah : MA. Mambaul Falah Tambilung Kecamatan Tambak 
Alamat : Desa Sukalela Kecamatan Tambak  

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean