Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Banyaknya Kelebihan Wisata Bawean

Banyaknya Kelebihan Wisata Bawean

Posted by Media Bawean on Minggu, 14 April 2013

Media Bawean, 14 April 2013

Lomba Menulis Opini dan Artikel
Kategori Umum



Nama Penulis : Ferry Willi Riawan
Mahasiswa : Universitas Airlangga (UNAIR)
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Alamat : Jalan Dukuh Kupang Gang 29 No. 35 B.
Surabaya, Jawa Timur

Email : ferryriawan44@yahoo.com 
Facebook : Ferry Crush Holly Riawan 
Blog : http://ferryriawan.blogspot.com/ 

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan alam melimpah dan lautan begitu luas. Tidak lupa setiap penduduk lokal dan asing sering berkunjung pada tempat wisata. Pemandangan wisata di Indonesia begitu indah, kaya hasil potensi penduduk setempat. Wisata itu bernama Pulau Bawean yang dimana lokasinya di laut jawa, jarak perjalanan ditempuh 150 kilometer tepatnya utara pulau jawa. Bawean berada di Kabupaten Gresik, pada Provinsi Jawa Timur.

Wisata Pulau Bawean mempunyai ukuran tidak begitu besar yaitu 12 kilometer. Perjalanan ke Bawean bisa kita tempuh sekitar 3 jam. Pariwisata Pulau Bawean sangat menarik sekali. Pada pantai yang luas terlihat gempuran ombak pantai sampai ke permukaan pengunjung. Selain pantai terdapat juga danau tidak jauh berada di tengah pulau bernama danau Kastoba. Semacam pulau kecil yaitu Gili merupakan tempat wisata tidak kalah bagusnya buat pengunjung berwisata ria.

Penduduk yang tinggal di Pulau Bawean berjumlah kurang lebih 68.086 jiwa terletak pada sebelah utara pulau jawa. Bawean merupakan pulau dengan bentuk seperti lingkaran secara luas kurang lebih 190 km². Meskipun Pulau Bawean lumayan kecil, tapi sudah cukup sempurna dengan pertambahan penduduk sangat banyak. Seperti penggunaan air pada Bawean baik demi kelangsungan hidup penduduknya. Tidak salah semua pengunjung datang ke Pulau Bawean ada wilayah suaka alam yang terdapat rusa. Area daratan sekitar 63% dari wisata yang berguna untuk kehidupan bersama demi meningkatkan keselarasan lingkungan. Pemasukan Pulau Bawean sangat penting untuk penduduk termasuk pada pengairan. Air pada Pulau Bawean dapat disalurkan secara bersama terutama buat pengairan sawah untuk masyarakat Bawean yang tinggal disana. Tapi kalau mau berkunjung tidak perlu susah karena terdapat banyak kendaraan yang bisa kita manfaatkan untuk berjalan-jalan melihat panorama keindahan sekitar Pulau Bawean.

Koleksi batu onyx merupakan ciri tertentu Pulau bawean. Batu onyx seperti batuan marmer yang harganya sedikit mahal bila disebarkan pada penjual atau toko-toko terdekat. Kegunaan batu onyx bisa kita jadikan pernak-pernik aksesoris bagus dan bisa dikelola menjadi lantai tempat tinggal penduduk. Bervariasi kelebihan dari Pulau Bawean yang kedua yaitu buah merah. Menarik juga sebutannya dari penduduk sekitar Bawean. Buah merah bukan seperti apel, tetapi bentuknya bulat lonjong kayak buah-buahan rasanya membuat penduduk untuk mencarinya sehari-hari. Buah ini sangat jauh beda di Papua yang dimana namanya juga sama buah merah.

Pulau Bawean memiliki wisata air yakni keindahan terumbu karang dan binatang laut yang catik dan menarik, tidak disangka negara Indonesia mempunyai wisata yang sangat banyak tersebar pada pulau jawa. Wisata Bawean yang ada di Pulau Gili menghubungkan dari desa Kepuh Legundi serta Pulau Gili pada perairan dekat desa. Keindahan pemandangan sungguh menakjubkan terlihat alam luas yaitu terumbung karang berwarna beda membuat kita terpesona mendadak juga. Binatang-binatang laut seperti ikan kecil dan penyu yang berenang kesana-kemari di samping perahu. Pengunjung pasti suka tak tahan untuk segera berwisata pada Pulau Bawean. Saya yakin pasti puas dengan wisata disini, kenangan terindah pada kelebihan Bawean membuat pengunjung nyaman sebagai sarana santai hari liburan cukup panjang.

Banyak para wisatawan tidak rugi mengunjungi Bawean dengan adanya 10 jenis ikan yang belum terdapat di daerah lain kecuali pada Pulau Bawean. Potensi penjualan ikan-ikan laut yang harga jual sangat mahal seperti ikan luar negeri. Penghasilan untuk pesarannya dapat mendorong para ekspor untuk membeli. Namun wisata Bawean secara intinya jika mau menikmati pemandangan bagus di bawah air harus menyewa perahu, tapi perahunya bukan untuk wisata air Bawean karena alasannya belum ada yang bisa mengembangkan wisatawan taman air tersebut. Sebenarnya jika ada orang yang mau mengembangkan wisata akan menjadi tempat favorit bermanfaat serta menjadi satu-satunya wisata bagus pemandangan keindahan laut pada Pulau Bawean. Penduduk sekitar pulau memperkenalkan tempat penangkaran hewan langka yakni rusa berbadan agak sedang memakan rumput di sekitar sangat lucu sekali.

Tempat yang tidak kala bagusnya adalah air terjun. Pada Pulau Bawean air terjun jumlahnya sangat banyak, tetapi antar air terjun setiap penduduk Bawean menjadikannya sebagai tempat wisata. Pengunjung yang ingin melepas lelah atau mau bermain di air terjun bisa langsung turun menikmati siraman air dari atas. Pulau Bawean memang tidak akal bagusnya sebagai liburan sekolah. Pengunjung bisa membawa makanan dan minuman sendiri asalkan kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan untuk membuang sampahnya. Karena demi citra wisata Pulau Bawean dikenal lebih bagus dan bersih lingkungannya. Apabila pengunjung belum tahu tempat air terjun bisa bertanya dengan penduduk setempat pasti mereka akan memberi jawaban arah tempatnya. Memang Pulau Bawean harus kita lestarikan kharisma pemandangan indahnya agar banyak para pengunjung lokal dan asing dapat mengetahui Pulau Bawean di Kabupaten Gresik. 

Pesan saya adalah wisata Indonesia layak untuk kita perkenalkan sebagai wisata favorit di seluruh luar negeri. Dan jangan lha malu menunjukkan kelebihan Pulau Bawean kepada pengunjung yang datang untuk menikmati liburan. "Sukses selalu Pulau Bawean tercinta".

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean