Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Hidupkan Potensi Laut Pulau Bawean

Hidupkan Potensi Laut Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 19 April 2013

Media Bawean, 19 April 2013

Lomba Menulis Opini Dan Artikel
Kategori Umum

Nama Penulis : Azmi Inayatul Laila
Alamat : Jl. Flamboyan 93 Candimulyo 
Jombang Jawa Timur 

Pekerjaan : Mahasiswa
Imail : momo_u@rocketmail.com

Tidak bisa kita sangkal bahwa Indonesia memiliki keelokan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tiap daerah memiliki keberagaman model keindahan maupun kebudayaan. Tiap tempat wisata memiliki khas tertentu yang sangat diidamkan oleh para penikmatnya, semua itu disuguhkan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. pulau-pulau nan berjejer menjadi deretan pertunjukan alami yang biota lautnya menjadi primadona daerah tersebut. 

Sebutlah Pulau Bawean, sebuah pulau kecil yang bertempat di Laut Jawa, berjarak sekitar 150 kilometer di utara Pulau Jawa. Pulau yang memiliki luas ± 190km2 ini memiliki pantai-pantai nan indah. Lautnya yang masih jernih, yang masih dipenuhi oleh warna-warni terumbu karang yang begitu indah, begitu pula dengan hewan-hewan lautnya yang sungguh menawan sangatlah. Sungguh agungnya kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan keindahan alam tiada duanya. Namun sayangnya keindahan-keindahan yang disuguhkan oleh Pulau Bawean kurang mendapatkan perhatian khusus. Belum adanya pengelolaan pada wisata laut yang harusnya menjadi primadona yang pasti menarik minat para wisatawan. 

Melihat potensi yang begitu besar, harusnya pemerintah setempat maupun pemerintah Indonesia melakukan langkah kecil untuk memperbaiki sistem pengelolaan wisata laut di pulau bawean. Semisalnya saja, adanya kemudahaan transportasi menuju ke Pulau Bawean. Langkah kecil seperti ini pasti akan sangat memudahkan bagi para wisatawan untuk berbondong-bondong datang ke Pulau Bawean. Langkah selanjutnya menata ulang sistematisasi pengelolaan tempat wisata. Langkah ini merupakan salah satu langkah untuk mengurangi angka pengangguran ataupun para TKI yang bertempat tinggal di Pulau Bawean. 

Jika saja, di seluruh wisata air yang ada di pulau bawean di maksimalkan, secara otomatis penduduk akan merasakan begitu besar manfaat dari pengelolaan yang akan dilakukan. Misalkan saja pengelolaan dengan dibukanya atau dibangunya resort untuk wisatawan asing yang ingin menetap untuk beberapa waktu di sekitaran pantai di Pulau Bawean. Dengan dibuatnya resort ini pasti akan membutuhkan banyak tenaga kerja, dari situlah para pengagguran yang ada di Pulau Bawean akan berkurang, karena secara tidak langsung hal tersebut memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitar. 

Hal lain yang bisa dilakukan oleh pemerintah setempat yaitu memberdayakan masyarakatnya untuk mendirikan usaha, contohnya saja mendirikan usaha aksesoris and pernak-pernik hasil laut. Ataupun mereka mampu membuka warung-warung yang menjajakan makanan khas Pulau Bawean ataupun juga menjajakan masakan hasil laut. Apalagi langkah ini dilakukan oleh pemerintah pusat dan setempat. Pasti secara langsung Pulau Bawean mampu menjadi pulau yang menjadi idaman para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Potensi wisata laut dan hasil laut dari Pulau Bawean harus dimaksimalkan, karena Pulau Bawean memiliki satu daya tarik yang mampu menambahkan income bagi Pulau Bawean itu sendiri maupun bagi negara. Dan satu hal yang pasti, dengan mengembangkan potensi dari Pulau Bawean, salah satu permasalahan terberat yang dialami oleh negara ini lebih diminimalisasi, karena dengan mengelola berarti juga mengurangi angka beban kemiskinan, dan menyadarkan pada masyarakat bahwa negara kita ini perlu dikelola, sehingga mampu meminimalisasi permasalah ketenagakerjaan Indonesia

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean