Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Belajar Kepada Ayat-Ayat Kauniyah
Pesona Alam Pulau Selayar

Belajar Kepada Ayat-Ayat Kauniyah
Pesona Alam Pulau Selayar

Posted by Media Bawean on Selasa, 21 Mei 2013

Media Bawean, 21 Mei 2013 

Lomba Menulis Opini Dan Artikel 
Kategori Pelajar  



Nama Penulis : Siti Fatimatuzzahrah 

MA Hasan Jufri Alamat 
Kelas : XI 

Asal : Dusun Menara – Desa Gunungteguh 
Alamat Tinggal : Ponpes Putri Hasan Jufri - Lebak

Kepulauan Bawean mempunyai potensi aneka ragam destinasi wisata, baik yang ada di daratan maupun yang ada di lautan, dan semua punya daya tarik tersendiri dalam tinjuan sudut pandang apapun, termasuk di kalangan remaja, tergantung dari tujuan dilakukannya kunjungan terhadap objek destinasi wisata tersebut. Kalau misalnya, tujuan berkunjung adalah rekreasi, maka jelas yang dinikmati adalah eksotik dan estetik dari ragam objeknya. Umumnya bagi remaja yang notabenenya masih pelajar, tujuan dilakukan wisata, selain dimensi rekreasi ‘menikmati suasana objeknya’, juga sebagai media pembelajaran tidak langsung dalam menempa pengalaman, banyak yang bisa dipelajari sebagai perluasan wawasan untuk berbagi pengalaman dalam perjalanan hidup yang boleh dikatakan bau kencur, tergantung ada niat atau tidak untuk belajar kepada alam.

Berwisata ke alam sangat menyenangkan karena dapat menghilangkan kepenatan atas keseriusan rutinitas sehari-hari, apalagi jika hal itu dilakukan bersama dengan teman-teman atau keluarga. Selain menyenangkan, banyak manfaat wisata bagi remaja yang mungkin tidak disadari. Manfaat wisata bagi remaja diantaranya adalah belajar kepada alam mengenai ilmu pengetahuan berbagai disiplin ilmu. Selain itu, berwisata dapat menumbuhkan karakter, bukan tidak mungkin akan mampu memotivasi seseorang menjadi petualang yang haus akan segala informasi terbaru yang memberikan tantangan hidup, yang pasti terbentuk adalah karakter pengakuan kekerdilan diri jika dibandingkan dengan kebesaran Ilahi atas kekuasaanNya. Hal ini akan menjauhkan diri dari sifat mudah jenuh, karena akan memandang hidup sebagai sebuah perjuangan yang seru dan pantang menyerah untuk dijalaninya.

Dari pengalaman penulis melanglang buana berrekreasi pada sekian objek wisata alam di Kepulauan Bawean, memang memberikan banyak kesan eksotik dan wawasan pengetahuan yang luas dan pengalaman yang menjadi nostalgia hidup yang menyenangkan, dan tentunya yang paling berkesan adalah saat dilakukannya karya wisata bersama siswa Kelas X MA Hasan Jufri ke Pulau Selayar yang dipandu oleh guru biologiku. Menjadi amat berkesan karena memang Pak Guru Biologiku sangat luas pengetahuan dan pengalamannya, sehingga tidak terasa waktu luang sehari cepat berlalu karena pak guruku yang energik, dengan bersemangat membimbing dan menerangkan dengan lugas semua potensi alam Pulau Selayar ditinjau secara disiplin ilmu biologi, fisika, kimia, dan geografi. Mungkin menjadi tambah asyik karena ada teman sekelas yang lagi ceria bercanda ria, ngobrol lepas dalam kebersamaan belajar, yang menjadikan kesan tersendiri terhadap pengalaman melakukan wisata edukasi.

Pulau Selayar terletak di kawasan sebelah timur-laut Desa Sungairujing Kecamatan Sangkapura, tepatnya di Dusun Taubat (dulu: Dusun Thujung-thujung). Sangat mudah dijangkau karena dapat dilalui oleh kendaraan roda empat sampai ke kawasan wisata Pulau Selayar. Berikut penulis akan memberikan paparan pengalaman dari dilakukannya karya wisata bersama satu kelas X MA Hasan Jufri di Pulau Selayar, karena memiliki banyak tempat dan objek wisata yang bermanfaat bagi pelajar. Termasuk wisata edukasi, baik permainan maupun back to nature, diantaranya:

1. Pantai Terusan

Sebelum menyebrang menuju Pulau Selayar, pengunjung sudah disuguhkan dengan panorama pemandangan wisata pantai terusan yang sangat memikat, terlihat hamparan pasir putih membentang panjang dan meluas. Jika saat air laut surut, bisanya pantai ini dibuat tempat bermain sepak bola ataupun latihan passing bola voli oleh pengunjung karena tekstur pasir putih yang mampat. Area pantai agak ke tengah berbatasan dengan lautan, adalah kawasan sangat potensial untuk belajar ilmu biologi, fisika, kimia dan geografi, banyak ditemukan keanekaragaman hayati laut dan gejala-gejala alam akibat air laut, misal mau belajar tentang taksonomi, morfologi, anatomi pada keanekaragaman hewan invertebrata habitat air laut, begitu juga jika ingin belajar geografi tentang mengenal pembagian zona daerah pantai serta gejala alam yang disebabkan oleh air laut. Area pinggir pantai yang rindang oleh tanaman kelapa, menambah susana kesejukan untuk duduk santai sambil bercengkrama ria dengan teman-teman atau keluarga. Jika saat air laut pasang, pantai terusan ini sangat mengasyikkan digunakan mandi dan berenang, tidak perlu khawatir dengan gangguan hewan laut karena area air lautnya berpasir dan bersih.

2. Hutan Mangrove

Kawasan hutan mangrove di sekitar Pulau selayar, ada tiga area kawasan, yaitu sebelah barat dan utara pantai terusan, dan barat-daya pantai pulau selayar. Banyak yang bisa dipelajari pada hutan mangrove ini, misal tipe ekosistem, identifikasi dan klasifikasi kehidupan hewannya, cara penyebaran atau manfaat dari pohon bakau tersebut. Duduk santai sambil bakar-bakar ikan laut di sekitar kawasan hutan mangrove akan memantapan suasana keindahan menikmati pesona alam Pulau Selayar ini.

3. Pulau Selayar

Dalam peta Kepulauan Bawean, Pulau Selayar ini disebut juga Pulau Mauri, dari Pantai Terusan berjarak sekiat 120 meter saja, berupa kawasan perbukitan (gunung) dengan luas sekitar 95 Ha dengan lerengnya berupa beraneka tipe pantai. Saat air laut pasang, pulau selayar ini dapat juga dijangkau dengan berjalan kaki walau berjalan melewati air laut, karena ada area yang agak tinggi sepanjang menuju kawasan Pulau Selayar (seperti ada jalan tol berkerikil dalam air laut, saat pasang kedalamannya hanya sekitar 0,8 meter). Memang akan sangat terkesan dan memukau, jika berwisata saat air laut surut, karena akan dapat sempurna mengitari sekeliling alam pulaunya sambil melakukan wisata edukasi. Lebih dari separuh pantai Pulau Selayar berupa bebatuan cadas yang terjal berseling dengan pasir putih, hanya kawasan pantai sebelah barat saja yang berupa hamparan kerikil berlapis pasir putih. Di sebelah timur, terdapat dua cerukan yang menyerupai gua. Tidak hanya panorama yang menakjubkan, pulau ini juga memiliki keunikan berupa mata air tawar dan makam yang dikeramatkan berada di sebelah tenggara Pulau Selayar ini.

Saat air laut surut, berwisata ke Pulau Selayar akan memberikan kesan yang luar biasa, sambil menuai mencari kerang juga dapat belajar tentang keanekaragaman genetik dan ekosisitem kerang pantai. Bagi dunia pendidikan, sangatlah tepat jika ingin melakaukan karya wisata, misal mempelajari berbagai bentuk tipe ekosistem pantai, taksonomi, morfologi atau anatomi hewan invertebrata, dan lain sebagainya. Berjalan mengitari Pulau selayar ini sambil belajar kepada alamnya, tidak akan pernah membosankan, kawasan sebelah selatan, timur dan utara banyak sekali ditemukan contoh-contoh hewan invertebrata laut, misal dari Filum Porifera, Coelenterata, Annelida, Mollusca, Arthoropoda (Crustacea), Echinodermata, dan lain sebagainya. Belajar dari hal yang sederhana dulu, kita catat deskripsi ciri-ciri morfologinya, kemudian diklasifikasikan, setelah itu dapat belajar membuat kunci determinasinya. Pokoknya luar biasa, kesungguhan belajar kepada ayat-ayat kauniyah alam Pulau Selayar karuniah Ilahi ini, seolah telah menuntun untuk bestatus menjadi seorang ilmuan muda dan dini.

4. Pulau Deci (anak Selayar)

Pulau Deci merupakan bagian dari Pulau Selayar, karena pengaruh abrasi air laut dan bebatuannya dieksploitasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka saat ini menjadi lepas berjarak sekitar 15 meter, tergolong pulau kecil berbukit tidak berpenghuni, luas sekitar 750 m2. Baik saat air laut pasang maupun surut, pulau ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Mandi disekitar Pulau ini sangatlah mengasyikkan karena air lautnya yang sangat jernih karena sekelilingnya dan dasar alas pantainya yang berupa batuan cadas. Pulau Selayar dan Pulau Deci masih terkesan merupakan satu kesatuan pulau sehingga ekosistem dan jenis keanekaragaman hayati lautnya tidak jauh beda dengan yang ada di kawasan pantai timur Pulau Selayar. 

Mutiara Hikmah Ayat-ayat Kauniyah Pulau Selayar

Potensi Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam yang dimiliki Pulau Selayar, antara lain berupa keanekaragaman hayati, hutan mangrove, keindahan bentang alam, gejala alam, berbagai macam bentuk ekosistem, dan lain sebagainya. Keseluruhan potensi tersebut di atas merupakan sumber daya ekonomi yang bernilai tinggi dan sekaligus merupakan media pendidikan dan pelestarian lingkungan. Jika penulis klasifikasi manfaat hasil penelusuran berwisata di Pulau Selayar antara lain :

Pertama, Menambah atau memperkaya pengetahuan dan wawasan. Dengan menganggap berrekreasi ke Pulau Selayar sebagai karya wisata, maka akan memperoleh pengetahuan dan wawasan tambahan yang tidak dapat diaktualisasikan dalam pelajaran pokok di sekolah. Kegiatan rekreasi tersebut, misalnya berupa penjelajahan untuk menemukan contoh kongkrit dari objek pembelajaran. Dengan kegiatan tersebut akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang beraneka ragam objek pembelajaran sesuai dengan bentuk dan jenis kegiatannya.

Kedua, Meningkatkan ketangkasan dan keterampilan. Dengan melakukan kegiatan rekreasi, maka para pelajar akan dapat meningkatkan keterampilan. Hal tersebut dapat diperoleh dari kegiatan rekreasi pendidikan (karya wisata) yang seperti permainan, kerajinan tangan, melukis, dan lain sebagainya. Semua kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kelak dikemudian hari.

Ketiga, Mempengaruhi gairah belajar. Sesuai dengan pengertiannya, rekreasi mengandung makna Re-create yang berarti pemulihan. Dengan melakukan kegiatan rekreasi pendidikan, semangat dan gairah belajar akan meningkat, karena telah tebentuk karakter kepuasaan jiwa dalam meresapi dan menghayati objek pembelajaran yang sebenarnya.

Keempat, Menambah sikap hidup yang kreatif dan sikap kepedulian sosial. Dengan melakukan karya wisata, maka dapat memperoleh pengalaman baru yang positif, seperti dapat belajar hidup mandiri, bergotong-royong, cinta kebesihan, menyangi alam semesta, belajar hidup bermasyarakat, memperhalus dan meningkatkan rasa seni serta memupuk rasa percaya diri.

Kelima, Membentuk kepribadian yang lebih baik. Melalui karya wisata, akan tercipta terbentuknya kepribadian yang lebih baik, terdapat kegiatan yang mendidik untuk belajar hidup mandiri, bergotong royong, mengenal watak dan memupuk rasa percaya diri. Keenam, Menanamkan rasa kekaguman dan syukur terhadap kebesaran ciptaan Allah SWT. Dengan melakukan kegiatan rekreasi pendidikan, akan lebih tertanam rasa kekaguman dan rasa syukurnya terhadap ciptaan Allah Yang Maha Esa sehingga pada akhirnya timbul rasa keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT.

Ketujuh, Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsanya. Salah satu penanaman rasa cinta tanah air dan bangsa terhadap siswa dapat dilakukan melalui kegiatan karya wisata. Karena di dalam kegiatan tersebut terdapat kegiatan yang bermanfaat, seperti seperti mengunjungi objek-objek pemandangan alam yang indah, membangun kebersamaan dan persaudaraan, belajar bertanggung jawab dan cinta kepada semuanya.

Karya wisata pesona alam Pulau Selayar adalah melakukan rekreasi ke pantai atau pesisir laut dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekitar alam Pulau Selayar. Agar kegiatan karya wisata ini menjadi menarik dan bermanfaat, maka perlu diisi dengan berbagai kegiatan yang kreatif dan rekreatif, biar dapat menimbulkan kesan kegembiraan, manambah keterampilan, kecerdasan dan bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan dalam melaksanakan kegiatan karya wisata di Pulau Selayar adalah segi keselamatan dan keamanannya. Untuk itu tentu harus dipilih tempat-tempat yang tidak berbahaya. Tempat-tempat yang berbahaya adalah tempat yang banyak terdapat batu-batu karang dan cadas yang tajam, tempat yang banyak binatang laut berbahaya dan berbisa, kedalaman laut lebih dari dua meter, adanya pusaran arus gelombang laut yang besar, dan tentunya pengaruh cuaca lainnya (hujan lebat dan petir). Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan dari kegiatan karya wisata ini, perlu persiapan yang matang. Hal ini dapat diperoleh melalui pengorganisasian kegiatan yang baik dan tepat, khususnya bila kegiatan ini dilaksanakn sebagai kegiatan sekolah dalam mengisi waktu luang. Selamat mencoba, kenangan itu terjadi dari pengalaman yang bermakna dalam diri. Semoga ke depan “Pulau Selayar” lebih diperhatikan untuk digarap sebagai sentral wisata pantai yang menggiurkan dan bernilai guna.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean