Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Obyek Wisata Beribu Mitos

Obyek Wisata Beribu Mitos

Posted by Media Bawean on Kamis, 02 Mei 2013

Media Bawean, 2 Mei 2013 

Lomba Menulis Opini dan Artikel 
Kategori Pelajar

Nama : Dian Nazilah R
Alamat : Tajung Sungai Rujing Kecamatan Sangkapura, Gresik

Sekolah : SMP Negeri 1 Sangkapura
Kelas : IX

Pulau Selayar adalah salah satu pulau yang berada di Pulau Bawean. Pulau ini tak berpenghuni dan sampai saat ini Pulau Selayar masih tetap di gemari para remaja bahkan orang tua sebagai obyek berwisata.

Untuk sampai ke Pulau Selayar kita dapat menggunakan perahu bercadik jika air pasang, dan jika air surut kita bisa berjalan kaki dari dusun Taubat, Desa Sungai Rujing, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik. 

Banyak keunikan-keunikan yang ada di Pulau Selayar, diantaranya terdapat batu bismillah, entah ada batu yang bertuliskan lafadz bismillah atau batu yang berbentuk lafadz itu. Kami kurang mengetahuinya.

Pulau ini konon juga disebut pulau kera, karena banyaknya populasi kera yang terdapat di pulau ini. Tapi sayang populasinya hampir punah, dan sudah jarang kita menemui kera di Pulau Selayar.

Beberapa Mitos tentang Pulau Selayar, Diantaranya:

- Pulau Salayar terdapat Bhere’ela, maksudnya ialah batu bergantung ke laut. Batu yang serupa Goa ini terdapat di selatan Pulau Selayar. 

- Pulau ini juga konon ada yang namanya Pabhidhetdherien atau pemandian bidadari. Karena mitos ada bidadari turun dan mandi di utara Pulau Selayar.

- Pulau ini terdapat juga makam-makam kyai atau pejuang-pejuang yang berjasa. Sehingga tidak sedikit pengunjung datang ke Pulau Selayar untuk berziarah disamping juga sambil bertamasya. Ada salah satu makam ulama yang terdapat di pulau ini dan konon kyai ini dulu berdarah putih.

- Di Pulau Selayar juga terdapat banyak goa yang konon terdapat ular besar di dalamnya yang sejak lama menjadi penghuni goa tersebut.

- Di Puncak gunung pulau ini terdapat keunikan dan banyak orang menyebutnya tiang bendera, tak sedikit orang banyak yang menjumpai calangan tiang bendera di puncak gunung Pulau Selayar yang belum diketahui pasti mitos tentang adanya calangan itu.

- Sebelah barat Pulau Selayar terdapat batu putih, karena seluruh batu yang ada di barat Pulau Selayar itu berwarna putih, baik dari yang kecil maupun sampai yang besar.

Tapi, Pulau Selayar sudah tak seindah dulu. Kini pepohonan di pulau ini banyak yang ditebang, Keranya juga ada yang diburu serta batunya yang bermacam-macam jenis itu banyak yang diambil sebagai hiasan.

Harapan saya tentang pulau ini adalah menjadikan sabagai salah satu Obyek Wisata di Kabupaten Gresik yang terdapat beribu Mitos didalamnya.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean