Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » PJB Bangun PLTMG Di Pulau Bawean
Beroperasi Awal Tahun 2014

PJB Bangun PLTMG Di Pulau Bawean
Beroperasi Awal Tahun 2014

Posted by Media Bawean on Rabu, 12 Juni 2013

Media Bawean, 12 Juni 2013

Berdasarkan info PJB Edisi 81, Mei 2013 bahwa PJB (Pembangkitan Jawa Bali) akan segera membangun PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas) di Pulau Bawean berkapasitas 4X1 MW untuk menggantikan PLTD milik PLN yang 1 MW dan PLTD milik swasta berkapasitas 4 MW. Karena selama ini PLN selalu mengalami kerugian, karena biaya produksi tidak sebanding dengan harga jual kepada pelanggannya di Pulau Bawean.

Keberadaan PLTMG ini untuk mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), dengan mengoptimalkan pemanfaatan gas UP Gresik. ”PLTMG Bawean rencananya menggunakan teknologi Compressed Natural Gas (CNG). Kebutuhan gas sekitar 0,5 MMSCFD,” kata I nyoman Ngurah Widiyatnya selaku Senior Manajer Pengembangan Korporasi.

Di Pulau Bawean masih ada 9.300 KK yang rumahnya belum teraliri listrik. Karakteristik Bawean membutuhkan energi listrik 4 MW, sehingga tidak memungkinkan jika di Pulau Bawean dibangun PLTU Skala kecil, karena PLTU tidak mampu melayani permintaan dengan karakteristik seperti itu.

Dalam rencana pembangunan PLTMG di Pulau Bawean ini, awal Maret 2013 Direktur Produksi, Mulyo Adji AG bersama GM PLN Distribusi Jatim, Haryanto WS sudah melakukan meninjau ke lokasi di Pantai Desa Sungai Teluk Kecamatan Sangkapura.

Supaya pasokan CNG tidak terputus, maka kapal pengangkut CNG tentunya lebih dari satu. Dan masalah tranportasi ini sedang dalam proses lelang. Dermaga yang digunakan untuk sementara akan memafaatkan dermaga milik Dinas Perikanan Bawean. Dari dermaga tersebut CNG dialirkan melalui pipa sepanjang kurang lebih 1 km menuju PLTMG”, tutur Edy Hartono Manajer Proyek Pembangunan CNG Plant PJB.

Berita Kiriman Yati
Alamat : Perum Griya Permai Blok E4 No.53 atau 
Kotta Sukaoneng Tambak Bawean 

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean