Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Kembali Diwacanakan dalam Media
Pesawat Rute Bawean - Sumenep

Kembali Diwacanakan dalam Media
Pesawat Rute Bawean - Sumenep

Posted by Media Bawean on Kamis, 12 September 2013

Media Bawean, 12 September 2013


Rencana pengoperasian pesawat terbang di Pulau Bawean, kembali diwacanakan rute Sumenep, sesuai berita Koran Surya (kamis, 12/9/2013) :

Kepala Satuan Kerja (Satker) Bandara Trunojoyo, Dwi Ariyanto menambahkan sembari menunggu perluasan runway, Bandara Trunojoyo Sumenep akan segera membuka jalur penerbangan perintis.

Jalur keperintisan itu akan menempuh rute Sumenep – Gresik (Bawean) – Banyuwangi.

"Rencana itu sudah kita bahas bersama antara ketiga pimpinan di tiga kabupaten yakni Sumenep, Gresik dan Banyuwangi dan dari Kementerian Perhubungan yang ada di Banyuwangi. Hasilnya positif dan hanya tinggal menunggu realisasi kesepakatan tersebut,’’ ujar Dwi Ariyanto.

Menurutnya, untuk penerbangan perintis biasanya selalu dilayani pesawat kecil berkapasitas 14 penumpang. Jalurnya, pesawat kecil tersebut dari Bawean terbang ke Sumenep. Lalu dari Sumenep akan ganti pesawat yang lebih besar jenis pesawat ATR72 milik Wing Air menuju Bandara Juanda Surabaya atau ke Banyuwangi. (ab/idl/bet/riv)

Respon Warga Pulau Bawean

M. Fauzi Rauf (Ketua PCNU Bawean)
Lapangan terbang Pulau Bawean sangat penting  untuk percepatan pembangunan Pulau Bawean, tapi bukan yang paling penting. Transportasi laut yang bisa dijangkau semua masyarakat harus menjadi prioritas yach kapal harus dibenahi lebih baik lagi. Alasannya kapal adalah transportasi laut yang menjadi ujung tombak kemajuan Pulau Bawean. Kalau pesawat terbang, disamping skalanya kecil, juga tidak mungkin melayani seluruh kebutuhan masyarkat Bawean yang sedemikian besar.

Bila rutenya Pulau Bawean - Sumenep terus siapa yang mau ikut? Padahal tujuan para Boyanese (sebutan orang Bawean di Singapore) adalah Gresik, Surabaya, Batam, Malaysia, Singapore. Kalau tujuannya melayani penumpang asal Pulau Bawean, tidak tepat rutenya ke Sumenep.

Ismail Jakfar (Warga Bawean di Malaysia)
Kenapa harus melalui rute Sumenep? Bukankah itu tidak tambah menyusahkan dan memperlambat perjalanan? Di Bandara Juanda Surabaya sudah ada lapangan domestiknya. Secara pribadi, saya sangat tidak setuju.

M. Ghazi Syarif (Warga Bawean di Malaysia)
Pesawat terbang merupakan kebutuhan masyarakat Pulau Bawean, sebagai sarana transportasi yang cepat dan nyaman. Jurusan Sumenep itu hanya wacana saja, tidak mungkin kesana rutenya.

Syaiful Aiman (Warga Bawean di Malaysia)
Untuk memperlancar aktivitas dan memajukan perekonomian masyarakat perlu segera pesawat terbang dioperasikan. Kenapa harus melalui rute Sumenep, kok tidak langsung ke Juanda Surabaya saja.

Anda punya repon tentang rute pesawat Pulau Bawean - Sumenep (Madura)? Silahkan kirim via mail mediabawean@gmail.com atau sms 081357084888. Pengirim respon harus dilengkapi nama  dan alamat lengkap.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean