Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Mandailing, Krecengan dan Drumband
Semarakkan Apel Akbar Pramuka

Mandailing, Krecengan dan Drumband
Semarakkan Apel Akbar Pramuka

Posted by Media Bawean on Kamis, 05 September 2013

Media Bawean, 5 September 2013

Sorak sorai masyarakat Sangkapura yang memadati alum-alun menyemarakkan suasana alun-alun Sangkapura yang biasanya sepi. Berbagai atraksi local ditampilkan, tentu saja ditambah dengan paduan warna-warni kontemporer. Mulai dari busana, dandanan, gerakan maupun musik.

Mulanya kelompok Drumb band dari SDN Sawah Mulya I, selanjutnya sekelompok penari dari anggota Pramuka se Bawean menampilkan atraksi tariannya. Tarian Mandailingan dipadu dengan musik krecengan khas Bawean meluncur. Tak hanya itu, beberapa gadis cantik lainnya mulai melenggang lenggokkan aksi teatrikal.

Disinilah kepiawaian Ahmadun sebagai koreografer sekaligus sutradara mulai menampakkan kepiawaiannya. Tak pelak, alun-alun Sangkapura yang luas seakan ter Blocking dengan berbagai maca corak. Mulai dari tarian, drumb band lengkap dengan lenggang lenggok sang Mayorette maupun tetrikal.

Melalui Kabag Humas, Agus Setya Prambudi Ahmadun menceritakan, persiapan tarian kolosal ini memang sudah lama dipersiapkan. Meski tidak ada event, namun kami tetap mempersiapkan tarian ini sebagai sebuah aksi.” Pada setiap kesempatan, kami memang mnelakukan latihan. Hal ini sebagai persiapan apabila ada kegiatan yang mendadak kami sudah siap” katanya. Untuk saat ini, kami memang melaksanakan latihan yang intens pada beberapa hari terakhir, karena seminggu sebelumnya kami diberitahu akan ada apel Pramuka.

Memang benar, hari ini Kamis pagi (5/9) seluruh Pramuka se Kabupaten Gresik melaksanakan apel Akbar. Seperti pernah disampaikan langsung oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto saat memberikan sambutan pada gelaran acara Ulang Janji dan Renungan dalam rangka Hari Pramuka beberapa saat yang lalu.

Bupati Gresik, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (KaMabicab) GP Gresik yang pada kali ini menjadi Inspektur apel Akbar Pramuka dalam rangka hari Pramuka yang ke 52. Pada apel akbar Pramuka kali ini diikuti oleh seribu orang anggota Pramuka se Kabupaten Gresik. Pada apel akbar kali ini juga diikuti oleh oleh 18 Camat se Kabupaten Gresik selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran).

Dalam sambutannya Bupati menyatakan puas akan apel akbar yang baru pertama dilaksanakan di Kabupaten Gresik dan Kecamatan Sangkapura menjadi Tuan rumah. “Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Pramuka khususnya Ketua Majelis Pembimbing Rantin (Kamabiran) atas terselenggaranya apel akbar kali ini.

Bupati yang juga tokoh yang malang melintang di dunia kepanduan di Gresik ini berharap, agar Pramuka harus berubah. “Kedepan Pramuka di Gresik harus direvitalisasi agar tak ketinggalan jaman. Pramuka tidak harus berkumpul, bernyanyi dan bertepuk tangan, jalan-jalan naik gunung atau baris-berbaris. Tapi harus ditambah dengan pengetahuan teknologi dan IT”, ujarnya bersemangat.

Selain itu Bupati juga bangga terhadap semangat Pramuka yang sejak kemarin dalam perjalanan dengan kapal laut selama 9 jam, lalu dilanjutkan dengan kemah dan apel akbar kali ini, para anggota Pramuka masih tetap semangat. “Untuk itu semangat itu tetap dijaga untuk membentuk semangat generasi muda”. Kata Bupati lagi.

Sementara Mardiana salah seorang seorang anggota Pramuka dari Kwartir Ranting Driyorejo menyatakan senang bias ikut dan terlibat pada apel akbar kali ini. “Ini pengalaman terbaik saya dalam seumur hidup. Belum tentu bias terulang lagi. Perjalanan kami sejak dari Driyorejo sejak lepas subuh, dan sampai saat ini belum tidur. Tapi saya sangat senang” katana berbinar. (sdm)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean