Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Pemilihan OSIS SMAN I Sangkapura
Lebih Semarak dibanding Pilkades

Pemilihan OSIS SMAN I Sangkapura
Lebih Semarak dibanding Pilkades

Posted by Media Bawean on Senin, 07 Oktober 2013

Media Bawean, 7 Oktober 2013


Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN I Sangkapura berlangsung seperti proses pemilihan umum (Pemilu). Dalam pemilihan dibentuk KPU pelaksana pemilihan, penjaringan calon ketua, juga dilaksanakan penyampaian visi dan misi oleh calon ketua dan wakil ketua OSIS Periode 2013-2014.

Pemaparan visi dan misi oleh ketua dan wakil ketua, berlangsung hari ini (senin, 7/10/2013) diikuti 4 calon ketua dan 4 calon wakil ketua. Sedangkan pemilihan akan dilaksanakan besok (selasa, 8/10/2013). Hadir dalam acara yang digelar di halaman sekolah, Kepala Sekolah SMAN I Sangkapura, Komite Sekolah, Orang Tua calon ketua dan wakil ketua OSIS.

Sebelum acara pemaparan dimulai, diisi pentas kreasi seni SMAN I Sangkapura, seperti kercengan, qasidah modern, pencak silat dan lain-lain. 

Selanjutnya memulai acara penyampaian visi dan misi, calon ketua diringi oleh pendukung setianya dengan naik dokar, becak, dan arak-arakan sepeda motor. Meriahnya pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS SMAN I Sangkapura melebihi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur di Pulau Bawean, termasuk kemeriahan Pilkades yang beberapa bulan lalu serantak di Pulau Bawean ternyata lebih meriah pemilihan OSIS di SMAN I Sangkapura.

Calon nomor 1 (Rizki Yanur) dengan calon nomor 2 (Marsudi) ternyata kompak keduanya dengan naik dokar yang diiringi oleh pendukung setianya. Selanjutnya calon nomor 3 (Moh. Buang Rizal) diiring naik becak, dan calon nomor 4 (Muh. Budiono) diiringi dengan arak-arakan sepeda motor.

Terlihat guru dan undangan yang hadir terpukau dengan kemeriahan pesta demokrasi Pemilihan Ketua OSIS di SMAN I Sangkapura.

Dalam pemaparan visi dan misi, calon ketua menyampaikan program setelah terpilih nantinya, diantaranya akan mengaktifkan organisasi intra sekolah dengan membuat program serta kerjasama dengan OSIS sekolah lain melalui persahabatan olahraga. Serta menyatakan OSIS bukan milik individu dan golongan tapi milik bersama keluarga besar SMAN I Sangkapura.

Ikhwan Muttaqin sebagai Guru Pembina OSIS SMAN I Sangkapura ditemui Media Bawean, mengatakan pemilihan ketua dan wakil ketua dirancang seperti Pemilihan Umum, dan mirip pemilihan kepala desa.

"Proses awal pembentukan KPU sudah melalui proses seleksi, dilanjutkan pembahasan anggaran dan seleksi calon melalui setiap kelas di SMAN I Sangkapura. Selanjutnya penjaringan calon melalui penyebaran angket kepada seluruh siswa,"paparnya.

"Setelah diseleksi, ditetapkan 4 calon ketua dan 4 calon wakil ketua yang mewakil 2 siswa jurusan IPA dan 2 siswa jurusan IPS. Sekarang penyampaian visi dan misi, besok (7/10./2013) akan digelar pemilihan oleh siswa SMAN I Sangkapura sebanyak 636,"terangnya.

Afandi, Kepala SMAN I Sangkapura merespon pemilihan Ketua OSIS merupakan pendidikan politik kepada siswa. "Melalui pesta demokrasi di sekolah sebagai pendidikan siswa untuk memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2014,"terangnya.

"Pesta demokrasi di sekolah melalui proses pemilihan Ketua OSIS merupakan pendidikan kewarganegaraan, bertujuan mendidik generasi penerus bangsa untuk memahami hak dan kewajibannya ,"jelasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean