Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Program BAZ Kec. Sangkapura
Membangun Rumah Tidak Layak Huni

Program BAZ Kec. Sangkapura
Membangun Rumah Tidak Layak Huni

Posted by Media Bawean on Minggu, 13 Oktober 2013

Media Bawean, 13 Oktober 2013


Hari Selasa tanggal 9 Oktober 2013 Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Sangkapura mengadakan acara peresmian tanda selesainya pembangunan rumah tidak layak huni milik Ibu Kartini warga dusun Kebundaya Desa Sawahmulya Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik. 

Rumah Ibu Kartini mendapatkan bantuan dari BAZ Kecamatan dengan program Bedah Rumah tidak layak huni tahun 2013, karena kondisi rumah tidak bisa ditempati. bagian atapnya belum ada, daun pintu dan jendela belum dipasang, serta sebagian dapur belum selesai dibangun. 

Acara peresmian selesainya bedah rumah ini dihadiri Sekcam mewakili Camat Sangkapura, Kepala Desa Sawahmulya , KH.Hazin Zainuddin Dhofir sebagai tokoh agama, Pengurus BAZ Kecamatan Sangkapura, serta tokoh masyarakat dusun Kebundaya lainnya.

Ustad Masykur, Ketua BAZ kecamatan Sangkapura, mengatakan melalui seleksi yang ketat, akhirnya Pengurus BAZ memutuskan untuk melaksanakan pembangunan atau membedah rumah milik Ibu Kartini. "Dengan beberapa pertimbangan, diantaranya seorang janda yang masih punya tanggungan beberapa cucu yang masih kecil dan memerlukan biaya sekolah,"katanya. 

"Kondisi ekonomi terbilang kurang mampu karena masih punya tanggungan hutang, sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari Ibu Kartini harus berjualan kue yang dijajakan keliling kampung,"ujarnya. 

"Karena kondisi rumahnya yang tidak layak huni, sehingga beberapa tahun terakhir Ibu Kartini menumpang tidur dirumah tetangganya, alasannya untuk memperbaiki rumahnya tidak punya biaya,"paparnya.

Selanjutnya Ustad Masykur mengemukakan bahwa, dana yang digunakan untuk program bedah rumah adalah berasal dari dana Infaq dan Shadakah yang diterima dari UPZ Instansi, dan UPZ Desa serta munfikun individu di Sangkapura. dan Bantuan Bedah rumah tahun 2013, Anggaran sebesar Rp.18.200.000,- (Delapan belas juta duaratus ribu rupiah).

"Alhamdulillah rumah sudah bisa ditempati dengan penampilan sederhana. Semoga BAZ Kecamatan Sangkapura tahun yang akan datang dapat melaksanakan program yang sama untuk warga miskin lainnya di Sangkapura."tuturnya.

Wardi, Sekcam Sangkapura memberikan apresiasi atas program bedah rumah oleh BAZ kecamatan Sangkapura tahun 2013. "Harapannya BAZ kedepan dapat bekerjasama dengan Lembaga dan Instansi terkait didalam program mengentaskan kemiskinan masyarakat di Pulau Bawean,"sarannya.

"KH. Hazin Zainuddin selesai memimpin do’a langsung menyampaikan rasa bersyukur atas kinerja BAZ kecamatan Sangkapura sudah dapat menyelesaikan pembangunan rumah bagi warga tidak mampu, mudah-mudahan bangunan yang belum selesai bisa dilajutkan oleh para donatur yang lain.

Sedangkan KH. Drs. Abdul Latif (Dewan Pengawas BAZ Kecamatan Sangkapura), menyatakan selalunya memberikan motivasi kepada pengurus BAZ agar tidak ragu-ragu melaksanakan program kedepan, sambil menunggu berlakunya Undang-undang Zakat yang baru disosialisasikan dan efektif dilaksanakan.

Segenap Pengurus BAZ Kecamatan Sangkapura menyampaikan terimakasih kepada para munfikun dan muzakki yang telah menyerahkan zakat dan infaqnya kepada BAZ Kecamatan Sangkapura. Semoga Infaq dan Shadakah para munfiq di Sangkapura yang telah terbukti nyata sangat bermamfaat bagi yang membutuhkan dicatat sebagai amal kebajikan oleh Allah SWT,Amin. (saleh)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean