Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Harga Tiket Kapal Bersubsidi
Dikeluhkan Warga Pulau Bawean

Harga Tiket Kapal Bersubsidi
Dikeluhkan Warga Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Minggu, 03 November 2013

Media Bawean, 3 November 2013

Tiket kapal bersubsidi dari pemerintah bersumberkan APBN tahun 2013, yaitu kapal satya kencana II milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU) tujuan Pulau Bawean - Gresik dikeluhkan banyak calon penumpang.

Penyebabnya harga tiket yang dijual kepada calon penumpang ternyata melebihi dari ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Abd. Rahem asal Tambak, Pulau Bawean, Gresik mengeluhkan mahalnya harga tiket disebabkan pihak PT. DLU menjual melalui perwakilannya di dekat dermaga Pulau Bawean di Sangkapura. "Semestinya tiket dijual langsung kepada calon penumpang, sehingga tidak ada kenaikan harga,"katanya.

"Harga Rp.75 ribu bisa naik menjadi Rp.80 ribu,"ujarnya.

"Pemerintah memberikan subsidi kepada warganya bertujuan untuk membantu kepada masyarakat Pulau Bawean. Kok justru dimanfaatkan oknum untuk meraup keuntungan dari menjual tiket,"paparnya.

Hal senada disampaikan oleh Ali Asyhar, menurutnya harga jual tiket kapal bersubsidi ternyata melebihi ketentuan tarif yang ditetapkan oleh pemerintah. "Harga beli calon penumpang kapal mencapai Rp.90ribu,"jelasnya.

"Kapal DLU semestinya membuka loket atau tempat khusus untuk menjual tiket kepada calon penumpang kapal,"harapnya.

"Pulau Bawean selama ini bersih dari praktek percaloan, kok kapal bersubsidi dari pemerintah yang menumbuhkan banyak calo,"ungkapnya.

Sariono dari pihak PT. DLU dihubungi Media Bawean via selulernya menjelaskan bahwa penjualan tiket sudah ada tempat di dekat dermaga Pulau Bawean. "Silahkan membeli langsung ke loket, harganya tidak ada kenaikan sesuai ketentuan dari pemerintah,"terangnya.

"Bila ada kenaikan, kemungkinan calon penumpang membeli melalui orang lain. Mereka menyuruh atau meminta bantuan orang lain untuk membeli tiket, sehingga orang yang disuruh meminta upah jasa,"tuturnya.

Perlu diketahui harga tiket kapal bersubsidi sesuai ketentuan dari pemerintah untuk penumpang dewasa seharga Rp.69 ribu, ditambah pas masuk pelabuhan sehingga harga tiket yang dijual kepada calon penumpang sebesar Rp.75 ribu.

Selain harga tiket, warga banyak mengeluhkan tarif barang atau kendaraan. Perlu adanya pengawasan khusus dari aparat terkait agar subsidi dari pemerintah tidak dimanfaatkan oleh oknum yang sengaja mencari keuntungan. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean