Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Penumpang Masih Mabuk Cari Kapal
Mengatur kok Mengurangi Trayek

Penumpang Masih Mabuk Cari Kapal
Mengatur kok Mengurangi Trayek

Posted by Media Bawean on Selasa, 19 November 2013

Media Bawean, 19 November 2013

Oleh : Abdul Basit (Pengelolah Media Bawean)

Rapat koordinasi jadwal kapal jalur Gresik - Pulau Bawean, yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Gresik di Kantor Bupati Gresik (senin, 18/11/2013), dengan hasil mengatur jadwal untuk 3 kapal yaitu Kapal Express Bahari 1C, Kapal Tungkal Samudra dan Kapal Satya Kencana II.

Jadwal semula kapal cepat Express Bahari 1C yang beroperasi 3 kali dalam seminggu dikurangi menjadi 2 kali. Selasa, kamis dan minggu dari Gresik, berubah selasa dan minggu. Sedangkan dari Pulau Bawean semula sabtu, senin, dan rabu menjadi senin dan rabu.

Demikan juga jadwal kapal Tungkal Samudera yang beroperasi 3 kali dalam seminggu dikurangi menjadi 2 kali, yaitu senin, rabu  dan sabtu dari Gresik, berubah rabu dan sabtu. Sedangkan dari Pulau Bawean semula hari selasa, kamis, dan minggu menjadi kamis dan minggu.

Untuk kapal satya kencana II, jadwal semula keberangkatan dari Gresik yaitu hari selasa dan jum'at, menjadi senin dan jum'at. Sedangkan keberangkatan dari Pulau Bawean yang semula rabu dan sabtu berubah menjadi selasa dan hari sabtu masih sama seperti sebelumnya.

Perubahan jadwal kapal mulai efektif tanggal 1 desember 2013, lalu efektifkah perubahan jadwal dalam kondisi masyarakat Pulau Bawean masih mabuk cari kapal.

Ironisnya perubahan jadwal dilakukan saat kapal Tungkal Samudra tidak operasi melayani pelayaran sehubungan kendala kerusakan mesin. Saat ini masih dilayani 2 kapal, yaitu kapal Express Bahari 1C dan kapal Satya Kencana II. Jadwal kapal cepat Express Bahari yang sebelumnya melayani hari senin dari Gresik dan hari selasa dari Pulau Bawean terhapus sehubungan adanya pengurangan jadwal keberangkatan.

Tentunya perubahan jadwal dengan mengurangi frekuwensi keberangkatan kapal akan berdampak membludaknya calon penumpang yang tidak mendapatkan tiket untuk berlayar di Gresik ataupun di Pulau Bawean. Perlu adanya evaluasi ulang atas keputusan hasil rapat koordinasi demi kelancaran transportasi jalur Gresik - Pulau Bawean.

Pihak pemegang kebijakan di Gresik semestinya merespon atas kebutuhan masyarakat, bukan mempersulit keadaan sehingga berdampak keresahan termasuk ketakutan kepada calon penumpang kapal tujuan Pulau Bawean.

Mengatur ulang jadwal semestinya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, bukan menyengsarakan apalagi sampai mempersulit keadaan. (bst)

Pembaca punya pendapat tentang perubahan jadwal kapal, silahkan dikirim via mail : mediabawean@gmail.com atau sms 081357084888.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean