Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Sekelumit Suka Duka Media Bawean

Sekelumit Suka Duka Media Bawean

Posted by Media Bawean on Selasa, 04 Maret 2014

Media Bawean, 4 Maret 2014 

Oleh : Abdul Basit (Pengelolah Media Bawean)

Pertama kali pengelolah diminta bicara suka duka mengelolah Media Bawean dalam pertemuan bersama siswa MA Hasan Jufri, Lebak, Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik (minggu, 2/3/2014).

Sebagai pengelolah Media Online di Pulau Bawean, kusampaikan sejak awal berdirinya sampai sekarang telah berusia kurang lebih 10 tahun, sejak berdiri tahun 2004.

Media Bawean dirintis dari keinginan untuk mengumpulkan data-data atau kliliping tekait pemberitaan Pulau Bawean di media. Setelahnya dicoba untuk memuat berita dengan kemasan sangat sederhana dan bahasa masih acak-acakan, ternyata respon pembaca lumayan tinggi.

Awal berdirinya jumlah pembaca hanya hitungan jari, selanjutnya meningkat puluhan pembaca per hari, kemudian sekarang sudah mencapai ribuan pembaca setia setiap harinya.

Pemberitaan waktu awal berdirinya Media Bawean, di Pulau Bawean masih belum ada jaringan internet. Seringkali pulang ke Pulau Bawean untuk mengumpulkan banyak berita dan foto, setelahnya kembali ke Gresik untuk memuat setiap harinya 3 pemberitaan.

Berkat dukungan Mr. Paman Man dari Malaysia, Saiful Aiman di Malaysia, Samri Barik dari Singapura, M. Riza Fahlevi yang kini menjabat Pimpinan Redaksi Batam Pos, Fuad Usfa di Australia, Sapnawi asal Tambak Pulau Bawean, Musyayanah di Surabaya, Ending Syarifuddin Rauf di Jakarta, Ali Asyhar di Pulau Bawean, serta lain-lainnya. Akhirnya Media Bawean tumbuh berkembang menembus angka pembaca 6.800.000.

Dalam mengelolah Media Bawean dibutuhkan keseriusan yang istiqomah, kesabaran dalam menghadapi segala persoalan, menghilangkan rasa malas dengan semangat yang tinggi, serta keberanian karena benar.

Senjata utama Media Bawean adalah menjalin kerjasama yang baik dengan siapapun tanpa padang bulu. Melalui kebersamaan Media Bawean mampu mengungkap segala persoalan di Pulau Bawean tercinta. Dalam mengangkat berita apapun bentuknya, Media Bawean berusaha menjaga persatuan dan kesatuan. Walaupun dari pihak yang salah tetap diberikan ruang untuk menyampaikan hak jawabnya.

Tantangan berat sudah dilaluinya, melalui kekerasan fisik sudah pernah dirasakan juga. Cemohon dan hinaan terkadang terdengar di telinga. Ancaman via telepon ataupun sms sudah seringkali diterimanya. Kunci utamanya hanyalah kesabaran, serta proses hukum menjadi pilihan utama bila ada unsur pidana.

Media Bawean tak mengenal waktu, jam berapapun, malam atau siang, selalu siap liputan pemberitaan. Tiada hari tanpa berita.

Selanjutnya, dalam pemberitaan kasus tidak pernah menerima apapun dari sumber masalah. Menolak adalah pilihan terbaik, demi menjaga citra Media Bawean.

Kesimpulannya, Media Bawean tidak pernah mencari masalah. Bila ada masalah, Media Bawean pantang untuk mundur dalam pemberitaan. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean