Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Aksi Mahasiswa IMBAS di Bawean
Kembangkan Kotoran Sapi jadi Elpiji

Aksi Mahasiswa IMBAS di Bawean
Kembangkan Kotoran Sapi jadi Elpiji

Posted by Media Bawean on Senin, 21 Juli 2014

Media Bawean, 21 Juli 2014


Ikatan Mahasiswa Bawean Surabaya (IMBAS) menggelar aksi kegiatan pengabdian kepada masyarakat, bertempat di Dusun Air Kuning, desa Bululanjang, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. Kegiatan yang diikuti gabungan mahasiswa Pulau Bawean di Surabaya, diselenggarakan hari minggu (20/7/2014).

Tertariknya kegiatan pengolahan limbah kotoran hewan yang diproses menjadi bio gas memiliki manfaat besar untuk mengurangi beban masyarakat, khususnya pengeluaran keuangan keperluan masak di dapur.

Nurul Asifin, mahasiswa UPN Surabaya mengatakan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat merupakan wujud keperdulian terhadap daerah asalnya. "Selama ini pengembangan bio gas sudah dikembangkan di desa Daun, Sangkapura tapi sampai sekarang tidak ada tindaklanjutnya,"katanya.

"Melalui kegiatan mahasiswa IMBAS di desa Bululanjang, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan potensi yang ada dan belum dimanfaatkan untuk dijadikan bio gas sebagai pengganti elpiji,"jelasnya.

Pilot Project kegiatan ditempatkan di Dusun Air Koneng, desa Bululanjang. Menurutnya, butuh waktu seminggu untuk mengubah kotoran sapi menjadi bio gas berupa mitan. "Setelah pelaksanaan percontohan ini berhasil, nantnya mahasiswa IMBAS akan mengembangkan di seluruh Pulau Bawean,"terangnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean