Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Oktober, Lapter Bawean Diresmikan

Oktober, Lapter Bawean Diresmikan

Posted by Media Bawean on Senin, 14 Juli 2014

Media Bawean, 14 Juli 2014

Molornya pembangunan lapangan terbang (lapter) Bawean di Desa Tanjung Ori, Kecamatan Tambak, Bawean tampaknya mulai menemui titik terang. Pasalnya, polemik sengketa pembebasan lahan telah mendapatkan putusan dari pengadilan. Pemkab Gresik diharuskan membayar ganti rugi pembebasan.

"Untuk pembebasan lahan yang sempat menjadi polemik sudah dituntaskan dan sudah dilakukan pembebasan," terang Wakil Bupati Gresik Qosim, kemarin.

Dari pantauan wartawan, pembangunan seluruh runway dengan panjang 900 meter dan lebar 50 meter untuk lapter Bawean sudah selesai. Namun, seluruh peralatan yang dibutuhkan untuk pengoperasian lapter belum tersedia. Hal ini masih menunggu koordinasi dengan otoritas Bandara Juanda sebagai pelaksana operasi.

Dikatakan, untuk alat-alat yang dibutuhkan dalam pengoperasian lapter mulai rambu hingga radar masih dilakukan koordinasi dengan Otoritas Juanda. Namun, kata dia, pihaknya memastikan seluruh keperluan akan disiapkan selama dua bulan ke depan. ‘’Kami tetap optimis dua bulan ini seluruh persiapan bisa segera diselesaikan Otoritas Juanda,’’ ungkapnya.

Terkait kepastian peresmiannya, ia mengatakan akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. Peresmian, lanjut dia, akan dilakukan langsung oleh Presiden RI kalau memang tidak ada permasalahan lagi. "Nanti kami usahakan bapak Presiden yang meresmikan pada Oktober mendatang, kalau memang sudah beres,’’ ujarnya di sela-sela kunjungan di lapter Pulau Bawean.

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya memastikan Pemkab Gresik akan tetap mendapatkan keuntungan dari pengoperasian lapter ini. Namun, aku dia, pihaknya tidak ingin memikirkan hal itu, yang terpenting lapter ini segera beroperasi dan bermanfaat bagi masyarakat.(rof/c4/rou)

Sumber Radar Gresik

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean