Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Warga Kepuh Membuat Perahu
Khusus Pencari Ikan Tongkol

Warga Kepuh Membuat Perahu
Khusus Pencari Ikan Tongkol

Posted by Media Bawean on Minggu, 08 Maret 2015

Media Bawean, 8 Maret 2015

Oleh : Mohamad Amin


Perahu kalotok yang terbuat dari bahan kayu, banyak digunakan oleh nelayan saat berburu ikan tongkol. Perahu ini banyak di temukan di Pulau Bawean, karena sebagian besar penduduknya merupakan nelayan pencari ikan tongkol. Namun tidak semua warga Bawean bekerja sebagi nelayan. Sebagian dari mereka warga yang tinggal di pesisir pantai itu sebagai pembuat perahu kalotok, yang dikenal dengan perahu khusus untuk digunakan memancing ikan tongkol.

Sejak puluhan tahun yang lalu, warga Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak Pulau Bawean Gresik, secara turun temurun bisa membuat perahu. Khususnya perahu kalotok. Bahan kayu yang digunakan dipilih jenis kayu bungur, yang banyak hidup di hutan Bawean. Kayu tersebut tahan lapuk, ringan, dan kuat. Perahu kalotok memiliki ciri khas, seperti tempat pemasangan pancing untuk menangkap ikan tongkol.

Menurut Hadari, pembuat perahu kalotok, pada tahun 80an, mereka membuat perahu hanya untuk warga Bawean saja. Tapi sejak sepuluh tahun terakhir, sudah banyak nelayan dari Madura yang pesan perahu kalotok di Bawean.

"Untuk membuat satu unit perahu membutuhkan waktu 30 hari ukuran perahu kecil," kata Hadari.

Satu unit perahu ukuran kecil harga jualnya mencapai Rp 45 juta tanpa mesin. Sedangkan yang memakai mesin harganya mencapai Rp 65 juta rupiah. Biasanya dua bulan menjelang musim ikan tongkol, pemesanan pembuatan perahu kalotok, meningkat.(pul)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean