Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Resepsi Pernikahan Warga Bawean
di Johor Bahru, Malaysia

Resepsi Pernikahan Warga Bawean
di Johor Bahru, Malaysia

Posted by Media Bawean on Senin, 20 April 2015

Media Bawean, 20 April 2015







Resepsi Pernikahan warga Pulau Bawean di Johor Bahru Malaysia, hampir tiap minggu digelar, yaitu hari sabtu dan minggu.

Mayoritas undangan yang hadir terlihat warga Pulau Bawean dari berbagai daerah yang tersebar di Malaysia. Sepertinya resepsi pernikahan warga Bawean di Malaysia menjadi ajang silaturrahim antar warga yang sama-sama merantaunya.

Resepsi diadakan di tempat pertemuan yang dinamakan Dewan, hampir setiap kampung di Malaysia mempunyai bangunan untuk menggelar kegiatan.

Undangan mulai berdatangan tepat jam 10:00 Waktu Malaysia, sampai ditempat langsung disambut penerima tamu dan langsung dipersilahkan untuk menikmati sajian prasmanan. Selama menikmati makanan, terlihat keakraban antar sesama warga yang menyapa kenalan ataupun keluarga yang berdatangan ke acara resepsi pernikahan.

Selanjutnya tepat jam 02:00 Waktu Malaysia (siang), pengantin putra didampingi keluarga dan group kesenian kompang mendatangi tempat resepsi pernikahan. Sampai ditempat, ternyata dihadang oleh penerima pengantin, dengan menanyakan banyak hal. Termasuk paspor juga ditanyakan bila ingin masuk menemui pengantin perempuan.

Setelah proses pertama lolos, selanjutnya pengantin putra disambut antraksi pencak silat. Terlihat antusias yang hadir untuk menyaksikan para pendekar mempertontonkan kemampuannya di arena resepsi pernikahan.

Lanjut memasuki ruangan persandingan, pengantin perempuan ditutupi banyak orang belum bisa dipertemukan sebelum syaratnya dilunasi. Setelah selesai, ternyata ujian berikutnya juru rias pengantin juga meminta persyaratan untuk duduk bersanding wajib dipenuhi. Lulus menghadapi ujian, baru pengantin putra dipertemukan dengan pengantin putri.

Berikutnya bersanding diatas pelaminan, lalu menikmati suguhan makanan bersama keluarga besar pengantin putra. Sebelum makan, mempelai berdua yang didampingi keluarganya diajak berdoa bersama oleh tokoh Bawean di Johor Bahru.

Resepsi pernikahan selesai, tepat jam 05.:00 Waktu Malaysia (sore hari). (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean