Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Orang Bawean Sukses di Malaysia
H. Anwari asal Tanjung Anyar, Lebak

Orang Bawean Sukses di Malaysia
H. Anwari asal Tanjung Anyar, Lebak

Posted by Media Bawean on Senin, 20 April 2015

Media Bawean, 20 April 2015



H. Anwari bin Mastur asal Tanjung Anyar, desa Lebak, Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik termasuk salah satu pengusaha sukses di Malaysia. Ditemui Media Bawean (kamis, 17/4/2015) menceritakan pengalaman awal masuk Malaysia sampai sekarang sudah sukses menekuni usaha kedai yang dimilikinya.

Menurutnya merantau ke luar negeri ketika masih masuk madrasah kelas VI, yaitu merantau ke Tanjung Pinang dan Singapura pada tahun 1974 untuk bertemu orang tuanya. Setelah mendapatkan pengalaman di rantau selama 2 tahun lamanya, lalu kembali pulang ke Pulau Bawean.

Berikutnya tahun 1976, H. Anwari ketika masih muda dan bujangan kembali membulatkan tekadnya untuk merantau. Naik kapal dari Pulau Bawean tujuan Singapura, berikutnya pergi ke Malaysia menuju Kampung Pandan. Tanpa memiliki kelurga di Malaysia, berdua bersama sepupunya lalu mencari kerja di Malaysia.

"Sesuai saran orang tua di Singapura disuruh mencari nama seseorang, ternyata bertemu H. Mastur dan Hj. Khorriyah yang mengasuhnya dan memberikan tempat tinggal selama di Malaysia. Pada waktu itu juga beliau mendidik mengaji, tapi belum bekerja sehubungan mencarinya masih sulit. Selama beberapa bulan kesulitan mencari kerja, karena di Malaysia waktu itu susah lapangan pekerjaan,"katanya.

Awal bekerja di Malaysia, H. Anwari menerima upah sebesar 4,5 RM bekerja di Jalan Putri. Itupun kerjanya hanya 1/2 hari saja, sehubungan tidak mampu kerja seharian. Selanjutnya bekerja berprofesi sebagai tukang bangunan menerima gaji 6,5 RM. selama 3 tahun melayani pasang batu sampai 1979.

Berikutnya tahun 1979 pindah tempat dari kampung Pandan ke kampung Boyan. Lalu pindah kerja dengan gaji lebih besar 8 RM. Sehubungan adanya niat untuk berdagang sesuai niat awal masuk ke Malaysia. Akhirnya H. Anwari memanfaatkan rumah yang disewa bersama sepupunya dengan membuka warung dengan berjualan es campur. Tidak meninggalkan kerja bangunan, warung yang dirintisnya dengan modal awal 150 RM dijaga oleh pembantu. Selanjutnya modal ditambah lagi 150 RM sehingga menjadi 300 RM setelah kalung emas yang dimilikinya dijual.

Pengalaman menarik menurut H. Anwari ketika berangkat berkerja bangunan selalunya membawa kotak telur. Saat pulang kerja lalu membeli telur untuk di jual di warungnya.

Tahun 1981, diputuskan konsentrasi menekuni bisnis yang dimilikinya sehingga berhenti kerja bangunan. Membeli sepeda motor dengan  melayani penjualan ikan, itupun pada waktu itu tidak ada orang yang mempunyai sepeda motor di kampung boyan.

Sukses menekuni usaha bisnis, H. Anwari lalu mengajak orang tua dan keluarganya sebanyak 6 orang untuk tinggal di Malaysia, dengan menanggung ongkos semuanya.

Selanjutnya tahun 1983 melebarkan usahanya dan dipindah ke Kampung Perembang. Tahun 1985 membeli tempat usaha di batu cave dan lmenunaikan ibadah haji bersama keluarganya.

Datang dari menunaikan ibadah haji membuka usaha di Kramat yang disewakan. Berlanjut mendirikan syarikat Jaya Diri, akhirnya disatukan menjadi satu tempat.

Setelah sukses menekuni bisnis di Malaysia, apakah ingat ke Pulau Bawean? H. Anwari menjawab masih tetap ingat, utamanya untuk pembangunan di Tanjung Anyar, desa Lebak, Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik.

Ditanya kenangan suka selama di Malaysia, H. Anwari mengungkapkan pernah menggelar even pertandingan bulu tangkis di Parembang. "Itupun orang pertama yang menggelar pertandingan dan Alhamdulilah mendapat respon dari tokoh Melayu,"ungkapnya.

Melalui hobby bulu tangkis. setelah menggelar pertandingan bulu tangkis mendapat respon dari pemain nasional, termasuk pemain China. "Icuk Sugiarto juga pernah diajak bermain ke rumah berkat kesuksesan menggelar pertandingan olahraga Bulu Tangkis di Malaysia,"pungkasnya. (bst) 

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean