Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Lobster Suguhan bagi Tamu Terhormat

Lobster Suguhan bagi Tamu Terhormat

Posted by Media Bawean on Kamis, 20 Agustus 2015

Media Bawean, 20 Agustus 2015


Salah satu potensi laut yang dimiliki Pulau Bawean adalah lobster. Khususnya di Pulau Gili, Desa Sidogedungbatu, Sangkapura, lobster telah dibudidayakan oleh warga dengan keramba.

Lazimnya, lobster menjadi hidangan utama bagi tamu-tamu kehormatan. Seperti yang terlihat saat Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim melakukan kunjungan kerja di Pulau Bawean. Ada hidangan lobster asam manis yang dihidangkan. “Saya pilih lobster saja, ini salah satu potensi yang ada di Pulau Bawean,”terangnya.

Stok lobster Bawean dijamin tak akan habis. Kapan pun ingin menikmati akan tersedia stok. Harga lobster bervariasi, untuk lobster golongan spesial dijual Rp 300 ribu per kilogram, sedangkan golongan biasa harganya Rp 200 ribu per kilogram.

Kepala Dusun Pulau Gili Abdul Wahid menjelasakan, harga ini diukur dari tingkat kesulitan nelayan dalam menangkap lobster. “Nelayan harus menyelam ke dasar laut untuk mencari sarang lobster,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk memasaknya tidaklah sulit. Biasanya warga Pulau Bawean memasak dengan bumbu asam manis. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, merica dan garam secukupnya. Sebelum dimasak, terlebih dahulu bagian kaki lobster dipotong agar lebih membangkitkan selera.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean