Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Orderan Perajin Anyaman Membeludak

Orderan Perajin Anyaman Membeludak

Posted by Media Bawean on Senin, 31 Agustus 2015

Media Bawean, 31 Agustus 2015


Masyarakat Pulau Bawean, Gresik terus mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya. Salah satunya, kerajinan dari anyaman daun pandan. Jika sebelumnya masyarakat hanya menjadikannya sebagai tikar. Kini, dari anyaman daun pandan tersebut berhasil disulap masyarakat menjadi kerajinan tangan yang bernilai harga tinggi.

Abdul Haris, Kepala Desa Gunungteguh, Kecamatan Sangkapura mengatakan anyaman tikar termasuk produk unggulan terkenal di Pulau Bawean, Gresik. “Untuk memenuhi kebutuhan, kini perajin anyaman tikar di Desa Gunungteguh, diarahkan untuk membuat tas dan dompet, serta sajadah,”katanya.

Ke depan, rencananya akan membuat tempat tisu dan sandal dari anyaman pandan yang bahannya sama dengan membuat tikar. Ada sekitar 5 orang perajin tikar yang melayani pembuatan tas, dompet dan sajadah. “Kami juga melakukan pelatihan kepada seluruh perajin anyaman tikar agar bisa membuat tas dan dompet, termasuk pengembangan pembuatan tempat tisu dan sandal,” ujar dia.

Menurutnya, tas dijual dari harga Rp 60 ribu sampai Rp. 100 ribu. “Setiap ada pengunjung selalu membeli tas untuk oleh-oleh dari Pulau Bawean,”paparnya. Selain melayani setiap ada pengunjung, juga sering kali mengikuti pameran di Pulau Jawa. Respon pengunjung lumayan banyak, terbukti semua stok yang dipamerkan habis terjual.

Sementara itu, Camat Sangkapura, Abdul Adim mengapresiasi keinginan warganya untuk mengembangkan anyaman membuat tempat tisu dan sandal. Memang dari dahulu sampai sekarang, di antara produk unggulan di Pulau Bawean yang dikenal adalah anyaman tikar.

“Wajar saja bila ada wisatawan berkunjung, selalu berkunjung ke Desa Gunungteguh sebagai pusat anyaman tikar di Pulau Bawean,”pungkasnya.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean