Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Lapter Segera Beroperasi, Damkar Belum Tersedia

Lapter Segera Beroperasi, Damkar Belum Tersedia

Posted by Media Bawean on Senin, 21 Desember 2015



Peristiwa kebakaran yang menimpa pemukiman warga kerap terjadi. Sayangnya hingga saat ini belum ada satupun mobil pemadam kebakaran di Pulau Bawean. Bahkan menjadi ironis bila nanti lapangan terbang beroperasi, belum memiliki sarana pemadam kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik Abu Hasan mengakui sudah waktunya mobil pemadam kebakaran (Damkar) tersedia di Pulau Bawean. Ini mengingat frekuensi peristiwa kebakaran meningkat.

“Pihak kami tak berwenang dalam pengadaan damkar, tapi Dinas Pekerjaan Umum (DPU), bukan BPBD,” katanya.

Dikatakannya solusi mengatasi peristiwa kebakaran, diantaranya menyediakan fasilitas pemadam kebakaran di Pulau Bawean. Apalagi lapangan terbang sudah siap dioperasikan, seharusnya diimbangi sarana dan prasarana yang lengkap.

Bambang Isdianto Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gresik mengatakan anggaran tahun 2016 tidak ada alokasi untuk mobil pemadam kebakaran di Pulau Bawean. “Alasannya anggaran terbatas, kemungkinan bisa melalui PAK ataupun melalui proyek pusat,”ujarnya.

Ditempat terpisah anggota DPRD Kabupaten Gresik Muntarifi menyatakan mobil pemadam kebakaran untuk Bawean sangat dibutuhkan.

Pemadaman api akibat kebakaran secara manual yang selama ini dilakukan tidak efisien. “Semestinya mobil damkar diprioritaskan dalam anggaran,”paparnya.

Muntarifi menilai persoalan damkar ini berarti antara BPBD dengan DPU sepertinya kurang ada koordinasi. Dampaknya merugikan banyak warga. “Termasuk beroperasinya lapangan terbang tentunya harus dilengkapi mobil pemadam kebakaran di Pulau Bawean,”pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean