Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Bandara Harun Thohir Diharap Mudahkan Konektivitas Warga

Bandara Harun Thohir Diharap Mudahkan Konektivitas Warga

Posted by Media Bawean on Minggu, 31 Januari 2016


Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyambut baik diresmikannya Bandara Harun Thohir pada Sabtu (30/1).

Meskipun puas dengan hadirnya bandara yang dapat memudahkan konektivitas bagi warga Pulau Bawean, ia menilai, panjang landasan masih cukup kurang, dan berharap untuk bisa diperpanjang lagi.

"Masih kurang panjang," katanya saat peresmian bandara Harun Thohir, Pulau Bawean, Gresik, Sabtu (30/1).

Soekarwo menyebut, infrastuktur transportasi di Jawa Timur, baik itu Darat, Laut, dan Udara hampir seluruhnya dalam kondisi over load. Hal ini tak lepas dari keberadaan Jawa Timur sebagai pusat aktivitas ekonomi di Indonesia bagian timur.

"Bila pemerintah (pusat) ingin memajukan masyarakat Indonesia bagian timur, sangat tepat jika menggandeng provinsi Jawa Timur sebagai motor penggeraknya," lanjutnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo mengatakan, kehadiran Bandara Harun Thohir diharapkan mampu menumbuhkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

"Dengan beroperasinya bandara ini diharapkan mendorong pendapatan daerah dari kelautan dan pariwisata. Bawean juga bisa menjadi laboratorium alam di bawah laut," ujarnya di Bawean, Gresik, Sabtu (30/1).

Ia menyebut, bandara tersebut dibangun secara bertahap dalam lima tahap sejak 2016. "Pelaksanaan pembangunan dari 2006 sampai 2015 dengan serapan anggaran Rp 121,65 miliar," lanjutnya.

Bandara, lanjutnya, dibangun di atas sekitar 70 hektare dengan panjang landasan 390 meter, dan dilengkapi apron 8.000 meter persegi.

"Masterplan bandara akan dibangun 1.400 meter dengan lebar 3.000 meter agar dapat didarati ATR 42 atau Hercules C-130," katanya menambahkan.

Sumber : Republika

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean