Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pemdes Gunungteguh Bangun TPS di Setiap RT

Pemdes Gunungteguh Bangun TPS di Setiap RT

Posted by Media Bawean on Senin, 16 Mei 2016


Langkah pemerintah desa Gunungteguh patut ditiru dalam upaya mengatasi persoalan sampah. Di desa ini dana desa dialokasikan untuk membangun TPS (tempat pembuangan sementara) sampah di setiap linkungan RT. ”Ini program desa untuk mengatasi persoalan sampah dengan membangun TPS di 39 RT,” kata Kepala desa Gunungteguh Abdul Haris.

Saat ini sudah ada 3 TPS yang terbangun di desa Gunungteguh. Ini bagian langkah cepat desa untuk menjadi desa wisata di Pulau Bawean. “Walaupun sekarang belum mempunyai tempat pembuangan akhir, tapi sampah kering bisa dikumpulkan lalu dibakar di TPS. Sedangkan sampah basah akan diproses menjadi pupuk oleh warga,”jelasnya.

Kebersihan lingkungan di desa ini sangat dinutuhkan. Lantaran banyak wisatawan yang berkunjung ke desa Gunungteguh.

Wisatawan tertarik untuk melihat langsung pengrajin anyaman tikar, termasuk membelinya untuk oleh- oleh.”“Selain itu juga melihat kesenian yang sering ditampilkan setiap ada event,”paparnya.

Haris mengaku mengaku malu bila melihat kondisi lingkungannya tidak bersih. “Malu dong jika kotor, apalagi banyak wisatawan dari luar yang berkunjung,”tuturnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean