Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kesbangpol Tertibkan LSM Papan Nama di Bawean

Kesbangpol Tertibkan LSM Papan Nama di Bawean

Posted by Media Bawean on Selasa, 17 Mei 2016



Maraknya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Pulau Bawean mendapat perhatian Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Instansi ini melakukan pendataan lapangan untuk “memerangi” LSM papan nama alias abal-abal. “Ciri-ciri LSM abal-abal itu hanya ada papan namanya, badan hukumnya tidak jelas begitu juga admistrasinya,” kata Kepala Kantor Kesbangpol Gresik Agus Sahari.

Agus mengatakan pendataan LSM di Pulau Bawean untuk mengetahui secara langsung keberadaannya lembaga yang seringkali mengatasnamakan masyarakat. Diantaranya memeriksa langsung kelengkapan pengurus, kantor sekretariat, administrasi seperti akte notasi dan lainnya.

Melalui pendataan ini diharapkan LSM bisa tertib administrasi serta kelengkapannya seperti surat keterangan terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Gresik. LSM yang terdaftar semestinya memberikan laporan atas kinerja yang dilakukannya.

Menurutnya di Pulau Bawean ada 6 LSM yang terdaftar, yaitu 4 LSM di kecamatan Sangkapura dan 2 LSM di kecamatan Tambak.

Harapannya kedepan LSM bisa diberikan pelatihan ataupun pendidikan agar kiprahnya bisa lebih baik di masyarakat.

Agus menambahkan LSM sebenarnya sebagai patner pemerintah untuk memajukan pembangunan, bukan musuh atau lawan. “Sehingga kinerjanya bisa bersinergi untuk memajukan pembangunan,”paparnya.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean