Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Dana Desa Wujudkan Impian Warga Gili Barat

Dana Desa Wujudkan Impian Warga Gili Barat

Posted by Media Bawean on Selasa, 14 Juni 2016



Dana desa dari APBN memberikan manfaat bagi warga Pulau Gili Barat khususnya di Desa Dekatagung. Mereka kini bisa membangun akses jalan desa yang akan menghubungkan ke Pulau Bawean. Pada bulan puasa ini, pekerjaan jalan yang melintasi laut dikerjakan waktu malam hari.

Kepala desa Dekatagung Zuhri mengatakan sudah lama warga Pulau Gili berharap adanya bantuan untuk pemba￾ngunan jalan. Baru saat ini harapan itu terealisasi berkat adanya dana desa. “Pembangunan jalan ini dianggarkan sebesar Rp.100 juta,”kata Zuhri.

Jalan sepanjang 760 meter ini sebelumnya sudah dibangun melalui swadaya masyarakat, yaitu penumpukan batu karang berbentuk seperti dermaga penghubung ke Pulau Bawean. “Melalui dana desa, akhirnya warga sepakat untuk melakukan pengecoran dengan bergotong royong waktu malam hari,”ujarnya.

Sebenarnya bila dilaksanakan murni tanpa bergotong royong hanya mampu mencapai 200 meter saja. Namu dengan bergotong royong pekerjaan bisa dilakukan hingga 760 meter, dengan target selesai sebelum lebaran.

Akses jalan ini sangat dibutuhkan penduduk di Pulau Gili yang sebanyak 112 jiwa, dengan 37 kepala keluarga dan 27 rumah. Potensi wisata yaitu pohon kepala bercabang 7.

Syamsuri warga Gili mengaku senang bila jalan selesai dibangun. “Warga sangat membutuhkan jalan penghubung ke Pulau Bawean,”paparnya.

Menurutnya sudah seringkali sepeda motor jatuh ke laut karena nekat melintas. Orang tua sering kawatir dengan anaknya karena ke sekolah melintasi jalan yang rusak.

Zakariyah memastikan jalan ini memudahkan hubungan ke Pulau Bawean, juga bakal memajukan perekonomian masyarakat. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean