Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Penambang Pasir Liar Terus Meningkat

Penambang Pasir Liar Terus Meningkat

Posted by Media Bawean on Rabu, 15 Juni 2016




Maraknya penambangan pasir di pesisir pantai mengancam daratan Pulau Bawean. Kondisinya yang semakin hari semakin meningkat membuat daratan terus terkikis. Jumlah penambang hanya berkurang saat abrasi terjadi karena jumlah pasir yang diperoleh menjadi lebih sedikit.

Salahsatunya, penambang pasir liar di Pantai Labuhan Desa Kumalasa Sangkapura. Padahal, rencananya lokasi tersebut bakal dijadikan destinasi kunjungan wisata di Pulau Bawean.

Nur Syamsi, Kepala RKW BKSDA Bawean mengatakan melihat langsung adanya penambangan pasir secara liar di Pantai Labuhan Desa Kumalasa. “Hasil pasir yang dimasukkan ke dalam sak, lalu diangkut menggunakan sampan (perahu kecil) ke Bangsal Dekatagung,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Pelabuhan dan Konservasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Bawean Sutardi Trikomanadiyono mengaku tidak bisa berbuat apa-apa. Ia berdalih, kewenangan pemerintah setempat untuk menghentikannya. “Jika tidak dilakukan tindakan tegas, maka ancaman abrasi akan melanda,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya menunggu adanya aturan tentang zonasi yang diperbolehkan ditambang ataupun tidak. “Sampai sekarang belum ada aturan yang melarangnya, terkecuali pemerin￾tahan desa membuat peraturan desa (perdes). Jika ada perdes, tentunya ada sanksi bila melakukan penambangan secara liar,” tegasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean