Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Terumbu Karang Rusak Ulah Nelayan Bawean

Terumbu Karang Rusak Ulah Nelayan Bawean

Posted by Media Bawean on Minggu, 01 Januari 2017


Pulau Bawean sebagai ikon pariwisata di Jawa Timur, ternyata tanpa mendapatkan dukungan sepenuhnya dari warganya. Buktinya terumbu karang yang layak dilestarikan sebagai pemandangan bawah laut dirusaknya dengan pemasangan bubu alat tangkap ikan dan potasium.

Leo Rahman asal desa Daun membeberkan hasil temuannya bahwa terumbu karang yang spotnya di kawasan Jhulpok dekat Pulau Gili mengalami kerusakan yang sangat parah.

Dibuktikan warga terumbu karang berwarna putih, itu dari adanya potasium. "Terumbu karang yang dibangga-banggakan sekarang sudah banyak rusak,"ungkapnya.

Sesuai informasi dari pemilik klotok asal Pulau Gili, menyatakan pelakunya berasal dari Pulau Bawean, bukan orang luar.

Zaini UPT Dinas Kelautan Perternakan dan Perikanan Bawean membenarkan adanya terumbu karang banyak yang rusak akibat ulah nelayan setempat. "Sosialisasi sudah dilakukan, ternyata warga tetap membandel sehingga banyak yang rusak,"paparnya.

Untuk penegakan hukum menurut Zaini, itu kewenangan UPT Pelabuhan dan Konservasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Bawean, serta Pol Air yang ada di Pulau Bawean.

Mufid Supriyanto, Kasi Operasional Pelabuhan UPT Pelabuhan dan Konservasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Bawean merespon adanya kerusakan terumbu karang menyatakan akan segera melakukan lidik terlebih dahulu. "Jika terbukti ada kerusakan, maka operasi segera dilakukan,"pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean