Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tahlilan dan Yasinan Cara Efektif Mencegah Teror

Tahlilan dan Yasinan Cara Efektif Mencegah Teror

Posted by Media Bawean on Rabu, 16 Mei 2018


Oleh : Ali Asyhar Bawean (Wakil Ketua PCNU Bawean)

Para teroris pada umumnya tertutup dari warga sekitar. Mereka jarang membaur dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan. Muslimin di Indonesia sudah lazim melaksanakan tahlilan dan yasinan. Tahlilan biasanya dilaksanakan malam Jumat bakda Maghrib atau malam kesatu sampai ketujuh dari kematian seseorang.

Pada saat tahlilan, orang- orang berkumpul membaca ayat-ayat Al Quran, kalimat2 thayibah dan doa. Setelah itu dilanjutkan dengan bercengkrama sambil menikmati hidangan ala kadarnya.

Pada saat itulah warga saling mengenal, menanyakan kabar kesehatan dan lain- lain. Sering pula ketua RT / RW mengumumkan kegiatan2 atau pengumuman yang lain. Bila ada warga baru maka juga diperkenalkan. Asal usulnya, pekerjaannya, keluarganya dan seterusnya.

Sedangkan yasinan biasanya juga dilakukan pada malam Jumat bakda Maghrib. Di banyak tempat yasinan dan tahlilan dilakukan dalam satu majlis. Baik di masjid, mushala maupun rumah warga secara bergiliran.

Bila yasinan dan tahlilan ini dilaksanakan secara rutin maka hal - hal yang terjadi di sebuah komunitas akan cepat diketahui. Misalnya ada warga sakit, warga punya hajat atau hal yg mencurigakan.

Bila ada warga baru yang mencurigakan maka ketua RT/ RT bisa segera mendatangi sehingga pergerakan teroris semakin sempit bahkan tidak ada tempat bagi mereka. (Bawean, 1 Ramadlan 1439 H )

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean