Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Menikmati Suasana Bulan Suci Ramadhan Di Pulau Bawean

Menikmati Suasana Bulan Suci Ramadhan Di Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Kamis, 17 Mei 2018


Pulau Bawean Gresik memang memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik di sisi alamnya. Namun, jangan salah, kebudayaan yang dimilikinya pun cukup menarik, terlebih di Bulan Suci Ramadhan.

Pasalnya, di Bulan Ramadhan, warga Pulau Bawean yang merantau akan pulang untuk merayakan puasa di tanah kelahirnnya. Seperti diketahui, mayoritas warga asal Bawean adalah perantau yang tersebar di seluruh dunia.

Kepulangan para perantau tersebut biasanya akan dirayakan dengan buka bersama dan makan besar bersama masyarakat satu kampung tempat dia tinggal.

Selain perantau, santri dan pelajar asal Bawean yang menekuni pendidikan diberbagai penjuru nusantara juga pulang kampung. Menikmati hari liburan dengan menunaikan ibadah puasa bersama keluarganya di rumah.

Di sisi lain, ketika bulan puasa masyarakat Bawean memiliki tradisi gemar bershodaqah dengan membawa makanan untuk dinikmati berbuka bersama di masjid. Menunggu waktu berbuka puasa, digelar pengajian dengan siraman rohani oleh Kyai dan Ustadz.

Usai melaksanakan sholat tarawih, para pemuda Bawean biasanya mengikuti kegiatan mengaji Al Qur'an (tadarus).

Waktu menunggu waktu sahur, pemuda di kampung menggelar tungtung untuk membangunkan warga bersahur. Dengan menggunakan alat masuk terbuat dari bambu, sekelompok pemuda berkeliling kampung.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean