Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » SURAT TERBUKA UNTUK SELURUH TOGHELLEN BAWEAN SERTA APARAT EKSEKUTIF DAN LEGISLATIF

SURAT TERBUKA UNTUK SELURUH TOGHELLEN BAWEAN SERTA APARAT EKSEKUTIF DAN LEGISLATIF

Posted by Media Bawean on Rabu, 18 September 2019


Bawean, Selasa 17 September 2019.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Mohon maaf sebelumnya... para toghellen bule sakapbhina... Terutama para pemangku kebijakan yang saya hormati.

Perkenankan saya memyampaikan uneg uneg dan pemikiran saya...

Saya salah satu putra Bawean, yang saat ini bertugas sebagai pendidik di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta.

Saat ini saya masih berada di Pulau Bawean Gresik bersama 6 rekan peneiti lainnya sejak Jum'at lalu. Dua diantara kami adalah instruktur KPK.

Tim kami ke Bawean untuk kali kedua setelah pada Agustus lalu melakukan sosialisasi kepada seluruh kepala TK/RA se-Bawean. Kali ini kami melaksanakan observasi dan pelatihan tentang penanaman nilai-nilai anti korupsi bagi guru-guru TK/RA se-Bawean.

Tahun ini merupakan periode pertama dari 3 tahun yang di-acc oleh Kemenristekdikti. Jika program di tahun pertama ini dianggap berhasil dan tim masih bersedia, maka insyaallah akan berlanjut di 2 tahun berikutnya. Begitu juga sebaliknya.

Tim kami sangat bangga karena dapat melaksanakan penelitian di salah satu pulau (terpencil) di Indonesia, yaitu Pulau Bawean. Terlebih lagi saya sebagai putera daerah. Kami berharap bisa berkontribusi (sesedikit apapun) terutama dalam hal pengembangan SDM Bawean, lebih-lebih penanaman nilai nilai antikorupsi sejak dini.

Namun demikian, tim kami sangat galau terkait ketidakpastian transportasi dr Bawean ke Jawa dan sebaliknya. Setelah program utama selesai, kami sangat khawatir dengan ketidakpastian kapan kami bisa menyeberang ke Jawa. Terlebih terkait tugas-tugas lain yang tentunya sudah menanti di tempat kami bekerja.

Untuk itu kami sempat bertanya (sekarang pun masih bertanya2) kapan akan ada kapal Bawean-Gresik ? Sdh sejak Ahad tdk ada kapal. Pesawat pun sudah penuh.Mengapa belum ada info kapal bantuan atau solusi alternatif lainnya?

Sementara data dari BMKG sejak Ahad hingga Kamis sudah menunjukkan gelombang laut jalur Bawean-Gresik rata rata di atas 2 meter. Yang itu berarti 3 kapal reguler yang selama ini beroperasi harus off. Satu kapal lainnya (roro?) yang digadang gadang bisa menjadi solusi ketika 3 kapal cepat yang lain tdk bisa beroperasi, ternyata juga off. Dan sampai pagi ini (Selasa, 17/9/19) juga belum ada kabar apapun.

Kami sdh berusaha bertanya kepada beberapa pihak yang kami anggap cukup mengerti persoalan ini ternyata juga nihil.

Kami memang belum sempat bertanya kepada aparat pemerintah yang berwenang karena kami mmg belum sempat. Dan kami menganggap bahwa adalah hak warga untuk mendapatkan informasi dari pihak berwenang. Aparatlah yang berkewajiban menyampaikan informasi kepada warga.

Toghellen sakapbhina,...

Jika aparat berwenang melarang sejumlah kapal berangkat karena alasan keamanan dan keselamatan, itu memang benar. Harus itu. Namun, apakah alternatif solusi yang ditawarkan?

Jika aparat berhenti pada hanya melarang kapal berlayar, sah sah saja jika warga berpendapat bahwa aparat hanya ingin bermain aman saja. Tidak mau bersusah payah. Mohon maaf, kami di Bawean belum mendengar ada upaya upaya yang sungguh sungguh dari para pemangku kewenangan dan kepentingan.

Harapan kami, aparat (Pemkab Gresik ? termasuk wakil rakyat yang baru dilantik) memiliki kepekaan dan lebih serius mencari solusi atas persoalan ini. Tidak harus menunggu warga bereaksi keras apalagi anarkis.

Kita semua pada tahu, betapa sudah banyak warga (Bawean atau tamu) yang dirugikan dengan persoalan transportasi ini: Pengusaha penginapan yang rugi karena banyak bookingan yang dibatalkan. Pelaku usaha material dan makanan yang kehabisan stok dan membuat harga naik. Serta sejumlah pembatalan tiket pesawat dalam dan luar negeri dan sederet konsekwensi rugi lainnya.

Jika ini terus berlanjut, maka warga Bawean akan sangat merugi dan semakin dirugikan. Omset menurun, minat masyarakat luar (wisatawan, peneliti, dll) berkunjung ke Bawean akan semakin merosot.

Persoalan semacam ini tentu tidak terjadi sekarang saja. Bahkan sejak puluhan tahun yang lalu. Namun hari ini masih belum ada solusi yang mendasar. Solusi transportasi terkait cuaca tidak banyak beranjak. Bahkan menurut banyak orang tahun ini semakin buruk. Tidak tampak langkah langkah antisipatif.

Untuk itu, saya sebagai putra Bawean mengajak para toghellen utk peduli dan mengedepankan kepentingan masyarakat luas. Jangan kesepankan kepentingan pribadi, perusahaan atau apapun sementara mengorbankan kemaslahatan ummat.

Untuk para pemangku kebijakan, baik yang di eksekutif maupun legislatif, mohon lebih peka dan memperjuangkan dengan lebih serius akan solusi atas persoalan masyarakat. Jadikan hal semacam ini sebagai ladang amal sholeh panjenengan semua.

Bagaimanapun warga Bawean adalah warga negara Indonesia yang berhak atas hak-hak mendasarnya, termasuk transportasi.

Semoga segera ada kabar baik yang solutif untuk transportasi penyeberangan Bawean-Gresik. Jangan biarkan tamu-tamu kita galau karena 'terdampar' terlalu lama yang mungkin akan membuat mereka kapok utk datang laginke Bawean. Mari semua mengambil peran untuk Bawean yang lebih baik.

Kami tunggu kabar baiknya... Salam,

R. Muhammad Ali

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean