Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Gus Bupati Gresik Datang karena Peduli Pulau Bawean

Gus Bupati Gresik Datang karena Peduli Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Rabu, 13 Oktober 2021


Oleh: Sugriyanto (Pakar Seni dan Bahasa asal Pulau Bawean)

      Rencana kedatangan Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani ke Pulau Bawean pada tanggal 17 Oktober 2021 akan benar-benar menjadi kenyataan kembali. Biasanya yang sering menjadi kendala dalam kegiatan kunjungan ini adalah cuaca dan gelombang laut. Jalur alternatif bila memang terkendala gelombang dan cuaca dapat ditempuh melalui jalur udara. Namun, saat ini BMKG sudah memberikan laporan mingguan tentang perubahan cuaca. Kunjungan Gus Yani-sapaan akrabnya yang kesekian kalinya ke Pulau Bawean semakin mendekatkan jalinan kemesraan antara umara dengan rakyatnya.

      Kebiasaan warga Pulau Bawean bila akan kedatangan pejabat selevel Bupati selalu disambutnya dengan segala daya upaya. Forkopimcam, kepala instansi, kepala desa, dan ibu-ibu PKK dibuat sibuk dengan berbagai persiapan sebagai bentuk penghormatan. Berbeda dengan Bupati Gresik saat ini, beliau cukup disambut dengan penuh kesederhanaan. Hal ini terbukti saat kunjungan perdana ke Pulau Bawean menuju desa Sungairujing dalam rangka peresmian destinasi WSB (Wisata Selayar Bawean,red), melalui salah satu juru bicara keprotokoleran mengatakan "Cukup sediakan degan atau kelapa muda saja, yang batang pohonnya banyak tumbuh di area WSB". Seluruh panitia penyambutan saat rapat persiapan di Balai Desa Sungairujing terperangah setelah hal demikian disampaikan kembali oleh salah satu pegawai dari dinas pariwisata setempat.

      Khalayak kiranya perlu sedikit tahu rencana kedatangan Bupati Gresik ke Pulau Bawean, di antaranya untuk menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW yang dipusatkan di Masjid Jamik Saadatuddarain Kecamatan Sangkapura. Peringatan Maulid rencananya akan di helat pada hari Selasa, 19 Oktober 2021 M/12 Rabiul Awal 1423 H pada siang hari. Kedatangan Bupati ke Pulau Bawean ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pentingnya konservasi tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW yang dilakoni warga Pulau Bawean. 

      Bagi seorang Bupati dalam menghadiri peringatan Maulid di Pulau  Bawean setidaknya dapat menyaksikan langsung pernak-pernik tradisi yang dianggap unik. Keunikan ini ditonjolkan dari sisi angka'an atau "bherkat". Namun, yang paling utama dipersembahkan kepada seorang Bupati berupa rangkaian atau pakem acaranya. Jika hanya sekadar "bherkat" yang akan disuguhkan kepada seorang Bupati tidak perlu datang ke Bawean, cukup didapatkan di Gresmall saja segala isinya. Di sinilah perlunya dari pihak panitia mengedepankan ikon maulid sebagai maskot utama keunikan dari peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW yang dirayakan di Pulau Bawean. 

      Agenda lain yang sudah tertera di rundown kegiatan berupa penyerahan dua mobil vaksin dari Kadin (Kamar Dagang dan Industri,red) Provinsi Jawa Timur kepada dua Puskesmas di dua kecamatan yakni Kecamatan Sangkapura dan Tambak. Dua unit mobil vaksin ini akan menjadi sarana pelaksanaan vaksinasi terhadap covid-19 secara "door to door" atau vaksinasi dari pintu ke pintu rumah. Warga Pulau Bawean yang memang masih udzur untuk datang ke tempat pelaksanaan vaksinasi di masa yang lalu dapat terlayani secara keseluruhan. Demikian sekilas keterangan dari ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad,SAW di Masjid Jamik Saadatuddarain, Bapak H. Ainur Rofiq, SE. di sela santai di kediamannya. (Senin, 13 Oktober 2021). Beliau sedikit menambahkan bahwa kedatangan Bupati Gresik ke Pulau Bawean akan melounching ekspor hasil kerajinan industri rumah tangga warga Pulau Bawean, seperti gula aren dan produk lokal lainnya. Termasuk, ikan hasil tangkapan nelayan dalam target ekspor yang direncakan. Selebihnya, Bupati berencana akan memberikan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin yang ditempatkan di Pesanggrahan Kecamatan Sangkapura.

      Sementara, Wakil Bupati Gresik, Ibu Hj. Aminatun Habibah yang lebih akrab disapa Bu Min akan berkunjung ke Pulau Bawean di lain kesempatan mendatang. Rencananya, kedatangan Bu Min ke Pulau Bawean akan melantik atau mengukuhkan kepengurusan organisasi kepramukaan di dua Korcab yakni Korcab Sangkapura dan Korcab Tambak. Untuk kedua petinggi kabupaten yakni Bapak Bupati dan Wakil Bupati Gresik terucap kata "Selamat Datang". Datang karena memang peduli terhadap warga Pulau Bawean. "Ahlan wa Sahlan..."

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean