Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Program Pengabdian Masyarakat UISI di Desa Balikterus

Program Pengabdian Masyarakat UISI di Desa Balikterus

Posted by Media Bawean on Jumat, 25 November 2022


Program Pengabdian Masyarakat Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) bertajuk Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Tahun 2022 di Desa Balikterus Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean Gresik secara resmi ditutup Rabu kemarin (23/11/2022).

Kegiatan PPK Ormawa UISI yang diikuti 11 mahasiswa dibawah binaan dosen pembimbing Azmi Alvian Gabriel, S.TP., M.P., MPM berlangsung selama 4 bulan sejak Agustus hingga November 2022.

Acara penutupan berlangsung secara daring (online) dan luring (offline) bertempat di Balai Desa Balikterus. Peserta yang mengikuti kegiatan penutupan secara luring terdiri dari mahasiswa UISI peserta PPK Ormawa, dosen pembimbing, Kepala Desa dan perangkat Desa Balikterus, Kasi Ekonomi Kecamatan Sangkapura mewakili Camat Sangkapura, Kepala UPT Dinas Pariwisata Bawean serta sejumlah anggota kelompok tani Mustika Aren Desa Balikterus. Sedangkan peserta yang hadir secara daring antara lain Wakil Rektor I UISI Prof. Dr. Fahimah Martak, M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Gresik mewakili Bupati Gresik, Bappeda, Diskoperindag Kabupaten Gresik, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Gresik yang dibacakan Sekretaris Dinas Kabupaten Gresik, Herawan Eka Kusuma SE, MSi menyebutkan bahwa kegiatan kemahasiswaan yang berorientasi kepada pengabdian masyarakat menjadi modal penting bagi mahasiswa untuk dapat berkiprah membangun daerah setelah mereka lulus dan bekerja. Ide kreatif, gagasan yang inovatif menjadi dasar untuk mempercepat dan membuat terobosan dalam membangun daerah, bangsa dan negara.

Menurut Ketua Kelompok PPK Ormawa UISI, Sazkia Indramawarni, program ini dibiayai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbud Ristek. Adapun judul dari program PPK Ormawa ini adalah Pemberdayaan Petani Gula Aren melalui Standarisasi Produk dan Inisiasi Kelompok Usaha Bersama untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Balikterus Pulau Bawean.

Dalam menjalankan programnya, mahasiswa UISI membantu kelompok tani Mustika Aren mengembangkan produk gula aren dengan cara melakukan inovasi gula aren yang selama ini berbentuk bulan lonjong menjadi balok-balok kecil, mengurus izin usaha NIB dan PIRT, mendaftarkan merek dan sertifikasi halal. "Alhamdulillah semuanya sudah tuntas", ujar Sazkia.

"Kami juga membantu dari sisi pemasarannya. Bahkan kami sudah membuatkan merek Sorren untuk produk kelompok tani Mustika Aren", tambah mahasiswa UISI asal Surabaya ini.

Pada akhir acara penutupan itu, UISI menyerahkan kenang-kenangan berupa 3 buah kipas angin yang diberikan kepada Pemerintah Desa Balikterus, Perwakilan Kelompok Tani Mustika Aren, dan warga yang selama ini rumahnya menjadi pondokan mahasiswa UISI.

(Kemas S. Rizal, Kontributor Media Bawean).

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean